Alamat, Harga Tiket Dan Fasilitas Wisata Pulau Cangke Pangkep

WISATAOKY.COM, Alamat, Harga Tiket Dan Fasilitas Wisata Pulau Cangke Pangkep -- Beranjak dari kota Makassar menuju Kabupaten Pangkep, perjalanan akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam, 53 kilometer. Selama Perjalanan, saya melewati tempat wisata Rammang-Rammang yang begitu instagramamble. Ingin rasanya singgah di tempat wisata ini lagi, namun saya teringat akan tujuan saya, yakni mengunjungi pulau kecil dengan seribu keindahan. Yah Pulau Cangke Pangkep.
Foto: Visitsulsel
Setibanya di Kab. Pangkep saya kemudian menuju ke pelabuhan Paotere. Nah, di pelabuhan ini terdapat perahu kecil atau yang biasa dikenal dengan nama katingting yang siap mengantar para travelling menuju ke pulau kecil dengan seribu keindahan ini. Jarak tempu dari pelabuhan Paotere menuju ke pulau Cangke, yakni kurang lebih 3 jam. Sepanjang Perjalanan kita dapat melihat indahnya hamparan lautan biru dengan ombaknya yang sesekali menerjang perahu kecil.

Pulau Cangke Pangkep

Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 3 jam, akhirnya saya pun tiba di pulau dengan seribu keindahan, yah pulau cangke. Suasana yang asri dengan nuasa ala pedesaan dengan pemandangan pulau kecil berbentuk lingkaran seluas 10 kilometer persegi menyambut saya setibanya di sana. Dalam benak saya berkata wow, sungguh surga yang begitu indah.

Mengigat pulau ini cukup kecil dan disekitarnya memiliki area terbilang dangkal maka saya pun turun tepat di jembatan persinggahan perahu kecil. Saya kemudian mencoba berjalan menuju pulau dengan melewati jembatan kayu yang terhubung langsung ke daratan pulau Cangke. Tantu tak lupa saya mengabadikan sebuah moment di jembatan ini dengan berfoto selfie, abis pemandangannya wow banget.

Pas sampai disana, saya terbilang cukup beruntung karena air laut sedang surut, sehingga saya bisa melihat aneka macam keindahan bawah laut pulau cangke tanpa harus berbasa-basa. Terdapat ikan-ikan kecil terumbu karang dan biota-biaota laut yang menghiasinya. Meski demikian pada akhirnya saya tetap terkena basa karena bermain di pinggir pantai pulau Cangke.

Pantai pulau Cangke ini terbilang cukup menarik karena memiliki pasir putih dan bersih. Tentu ini sangat recomendasi bagi anda para travel seperti saya untuk dijelajahi. Setelah, puas menjelajahi sudut demi sudut dari pantai pulau Cangke, saya kemudian memutuskan untuk menjelajahi hutan pulau Cangke. Di hutan ini kita dapat melihat aneka macam tumbuhan dan pepohonan rindang. Meski demikian, saya tidak terlalu jauh kedalam hutan mengingat  tujuan saya yakni mengeksplor keindahan pantai pulau Cangke.

Di pulau ini ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan, mulai dari befoto, menyusuri pinggir pantai, bermain pasir, Snorkelling, Diving, Memancing dan masih banyak lagi. Selain itu, disini juga kita bisa melihat beberapa penyu yang sedang bertelur, jika beruntung. Pada pagi dan soreh hari di pulau ini kita juga bisa menikmati sunrise dan sunset. Tapi sayangnya, saya berangkat agak siangan jadi hanya bisa menikmati senja di soreh harinya.

Cerita Di Balik Indahnya Pulau Cangke Pangkep
Foto: Dharmafatatha
Sekarang pulau Cangke memang terlihat indah dan menjadi buruan para travelling seperti saya. Meski demikian setiap tempat tentu memiliki cerita dibaliknya, entah itu bersifat mistis, sedih atau lain sebagainnya. Sama halnya dengan Pulau Cangke yang satu ini. Awal mulanya pulau cangke merupakan tempat yang cukup tandus dan tidak ditumbuhi tanaman apapun.

Akhirnya ada seorang pasangan suami istri bernama Daeng Abu dan Maedah yang singgah di pulau ini karena diusir dari kampung halamanya sendiri. Di mana pada saat itu suami dari Maedah bernama Daeng Abu mengalami penyakit Kusta, yang dikira masyarakat setempat sebagai penyakit kutukan.

Mereka tinggal dan menetap di pulau ini, lalu berinisiatif menanaminya dengan pepohonan. Hingga akhirnya pulau ini menjadi pulau yang rindang dan indah seperti sekarang ini.

Alamat Pulau Cangke Pangkep

Pulau Cangke adalah salah satu bagian dari kepulauan spermonde. Pulau ini berlokasi tepat di kab. Pangkep, atau lebih dikenal dengan istilah Pangkajene, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Di pulau ini hanya dihuni oleh empat orang saja, yakni Daeng Abu dengan istrinya Maedah, dan dua lagi keluargannya. Mereka tinggal di pulau ini sudah lama, yakni sekitar 40 tahun.

Harga Tiket Masuk Pulau Cangke Pangkep

Ketika sampai disana, saya sendiri tidak dipungut biaya alis gratis. Hanya saja, yang saya bayar pada saat itu yakni bianya perahu/katinting yang tidak telalu mahal. Harganya yakni 50k, itu sudah termasuk pergi dan pulang.

Oh, iya untuk teman travelling yang ingin berkunjung saya sarankan agar membawa cemilan atau makanan yang bisa dikonsumsi di atas perahu ya, mengingat perjalan cukup jauh dan lama. Jangan sampai kaya saya ngak bawa cemilan, cuman bekal untuk makan siang saja. Jadi pas dikapal perut udah minta di isi/lapar, so harus tahan lapar deh sampai di pulau hehehe..

Fasilitas Pulau Cangke Pangkep
Foto: Fitmnsyah
Karena letaknya yang agak jauh dari kota, jadi tempat wisata Pulau Cangke ini memiliki fasilitas penunjang cukup minim, tidak ada listrik, warung makan dan penginapan. Jadi, bagi teman travelling yang ingin berkunjung, maka saya sarankan untuk membawa bekal atau cemilan yah, biar bisa mengeksplor pulau Cangke lebih lama.

Sementara itu,buat teman travelling yang ingin tinggal lebih lama di pulau ini maka sebaiknya bawalah perlengkapan untuk menginap seperti tenda penginapan dan lain-lain. Walaupun pada saat  itu saya sendiri cuman tinggal sehari di sana dan tidak sempat menginap karena perlengkapan yang saya bawah kurang memadai. Namun, jika saya berkunjung lagi, pastinya saya akan menginap biar biasa menikmati keindahannya di malam hari.

Lalu yang membuat saya betah tinggal berlama-lama bahkan seharian penuh di pulau ini karena hp disini masih memiliki akses jaringan atau sinyal  yang terbilang cukup bangus sehingga saya pribadi bisa pos-pos foto dong ke medsos, hehehe.

Tips Berwisata Pulau Cangke Pangkep

Nah, selanjutnya ada tips yang perluh teman travelling perhatikan ketika berwisata ke pulau Cangke Pangkep, agar tidak terjadi apa-apa ketika sedang berlibur di sana. Untuk itu berikut adalah tipsnya.

  1. Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa fasilitas yang ada di pulau ini masih terbilang cukup minim, untuk itu bawahlah perlengkapan yang sekiranya teman travelling butukan ketika berada di pulau ini, seperti misalnya makanan dan minuman, powerbank untuk mengecas hp jika lowbet, dan lain-lain. 
  2. Jangan sesekali merusak sesuatu yang teman travelling temukan di pulau ini, termasuk hutan dan juga biota laut.
  3. Sesampai di sana kontrol pikiran anda, selalu berfikir positif agar tidak terjadi apa-apa dan jangan melakukan sesuatu di luar ajaran agama.
  4. Buanglah sampah pada tempatnya, jangan sesekali mengotori pulau ini agar generasi kedepanya bisa menikmati keindahan pulau Cangke.

Nah, itulah informasi yang bisa saya berikan buat teman travelling yang ingin mencoba mengunjungi pulau Cangke atau sekedar mencari informasi mengenai tempat wisata Sulawesi Selatan. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermamfaat.

Belum ada Komentar untuk "Alamat, Harga Tiket Dan Fasilitas Wisata Pulau Cangke Pangkep"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel