9 Wisata Permandian Air Panas yang Wajib Sobat Kunjungi di Mamasa

WISATAOKY.com -- Berbicara soal Wisata Sulawesi Barat, maka tidak lepas dari Mamasa. Sebab Mamasa sudah menjadi destinasi wisata Sulawesi Barat.  Mamasa dijuluki sebagai pusatnya pariwisata karena menyimpan beribu keindahan, mulai dari alam, kehidupan lokal penduduk, adat istiadat yang masih sangat kental dan berbagai keindahan lainnya. Salah satu yang menarik diketahui yakni wisata dibidang permandian Air Panas. Pasal di Mamasa ada banyak permandian air panas lho. Sebelum kita membahas lebih jauh sebaiknya kita harus tahu apa sih "Permandian Air Panas".


Pengertian Permandian Air Panas

Dikutip dari wikipedia, Permandian air panas adalah sumber air yang keluar dari tanah atau kerak bumi akibat panas Geotermal atau panas bumi. Dan bahkan dibeberapa negara sudah ada lho pembangkit listrik tenaga panas bumi seperti di amerika, filipina dan di Indonesia sendiri sudah ada lho sobat.

Air panas yang dihasilkan oleh geotermal biasanya berkisar 37 derajat celcius dan bahkan ada yang melebihi di atas titik didih lho. Air panas biasanya menghasilkan kadar mineral yang tinggi seperti litium, radium dan kalsium. Dengan adanya beberapa kadar yang dihasilkan, maka dipercaya bila mana kita berendam di bawah air panas dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Atas dasar itulah di Indonesia ada banyak permandian air panas yang dibangun salah satunya yakni di Mamasa sendiri. Berikut daftar air panas di Mamasa yang sobat harus kunjungi.

Daftar Permandian Air Panas di Mamasa

1. Wisata Air Panas Malimbong 

Permandian Air Panas Malimbong terletak di Desa Malimbong, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa.

2. Wisata Air Panas Kole 

Pemandian Air Panas terletak di Desa Rambu Saratu, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa.

3. Wisata Air Panas Rante-Rante Osango

Permandian Air Panas Rante-Rante terletak di Desa Osango, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa. Air Panas ini mudah di jangkau sebab ada di pinggir jalan poros mamasa. Permandian ini sangat bersih dan sangat baik untuk tujuan berlibur bersama keluarga. Airnya yang tidak terlalu panas, sangat baik untuk relaksasi tubuh. Apalagi kalau sobat dalam keadaan pegal-pegal, tempat ini sangat cocok deh buat sobat.
Air Panas Osango (image; heru)

4. Wisata Air Panas Roka 

Permandian Air Panas Roka terletak di Desa Kanan, Kecamatan Tanduk Kalua, Kabupaten Mamasa.

5. Wisata Air Panas Rante Kamiri 

Permandian Air Panas Rante Kamiri terletak di Desa Rante Tangnga, Kecamatan Tawalian, Kabupaten Mamasa.

6. Wisata Air Panas Rante Dambu  

Permandian Air Panas Kanan Rante Dambu terletak di Desa Rante Tangnga, Kecamatan Tawalian, Kabupaten Mamasa.

7. Wisata Air Panas (Kanan) Uhailanu

Permandian Air Panas Kanan terletak di Desa Uhailanu, Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa.

8. Wisata Air Panas Sarambu

Permandian Air Panas Sarambu Terletak di Desa Ranteberang, Kecamatan Buntu Malangka, Kabupaten Mamasa.

9. Wisata Air Panas (Kanan) Salutambun

Permandian Air Panas Kanan terletak di Desa Salutambun, Kecamatan Buntu Malangka, Kabupaten Mamasa. 

Nah demikian daftar air panas di Mamasa yang wajib sobat kunjungi. Oya sobat, air panas pada umumnya berkaitan erat dengan gunung berapi. Bilamana ada air panas maka ada pula gunung berapi. Tapi letaknya jauh dari sumber air panas. Sebab proses terjadinya air panas yakni karena pengaruh batu-batuan yang memanas akitbat panas bumi. 

Kalau singkatnya kira-kira seperti ini sobat: Batu-batuan dalam Bumi memanas akibat panas bumi. Batu-Batuan tersebut kemudian tersentuh oleh air sehingga air juga ikut memanas. Selanjutnya keluar melalui kerak bumi. Semakin dalam batu-batuan dalam perut bumi maka panasnya juga akan semakin bertambah. 

Sumber: Badan Statistik Kabupaten Mamasa dalam angka 2017

1 Komentar untuk "9 Wisata Permandian Air Panas yang Wajib Sobat Kunjungi di Mamasa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel