Alamat, Rute Dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Bori' Kalimbuang Toraja

WISATAOKY.COM, Alamat, Rute Dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Bori' Kalimbuang Toraja -- Siapa yang tidak kenal dengan Toraja? sebuah wilaya di sulawesi selatan yang terkenal akan tradisi budaya cukup unik dan patut untuk di eksplor. Salah satunya yakni adalah rambu solo atau upacara kematian. Budaya yang ada sejak lama dan di wariskan secara turun temurun ini, tentu menyimpan banyak sekali peninggalan. Nah, salah satu situs peninggalan sejarah di Toraja yang patut sobat kunjungi adalah Bori' Kalimbuang.
Objek Wisata Bori' Kalimbuang
Pesona Objek Wisata Bori Kalimbuang Toraja
Bori' Kalimbuang adalah destinasi wisata di Toraja utara yang menewarkan peninggalan batu menhir zaman megalitikum sebagai daya tarik untuk para penlancong. Terdiri dari 102 buah batu dengan tinggi dan ukuran yang berbeda, ada yang tinggi ada pula yang pendek, dan ada yang besar serta ada yang kecil.

Dengan formasi batu yang beragam inilah yang membuat objek wisata Bori' Kalimbuang banyak di sukai para wisatawan. Di sini sobat tidak hanya datang sekedar berwisata, tetapi juga belajar mengenai sejarah peninggalan jaman megalitikum. Akan tetapi, sebelum berwisata ke sana ada baiknya simak dulu informasi mengenai objek wisata Bori' Kalimbuang.

Sejarah Bori' Kalimbuang
Foto: Tondokkadadiangku
Sebagai peninggalan sejarah megalitikum yang berumur sudah ratusan tahun, Bori' Kalimbuang ini tidak di ketahui secara pasti kapan dan bagaimana awal mula di dirikannya menhir di sana. Akan tetapi, dalam masyarakat suku Toraja percaya bahwa menhir atau dalam bahasa Toraja di kenal dengan istilah Simbuang Batu di dirikan sebagai simbol rasa hormat kepada petinggi adat, Tomakaka atau kaum bangsawan yang telah meninggal dunia, dan tradisi ini masih berlangsung sampai sekarang.

Pendirian batu atau Simbuang Batu dalam suku Toraja tidak serta merta didirikan begitu saja. Akan tetapi, harus melewati rangkaian adat Rapasan Sapurandanan yaitu tahap akhir upacara adat yang harus di lakukan sebelum mendirikan sebuah menhir, dan itu pun tidak mudah. Keluarga dari yang meninggal ini bisa mendirikan sebuah batu menhir ketika dia mampu mengorbakankan minimal 24 ekor kerbau dalam upacara kematian atau rambu solo.

Komplek pendirian batu menhir ini di kelilingi oleh rumah adat tongkonan yang cukup menawan. Hal ini membuatnya sekilas terlihat begitu eksotis dan istagramamble. Batu yang berjumlah ratusan ini memiliki tinggi serta ukuran yang berbeda-beda. Walaupun demikian, hal ini tidak membedakan seberapa tinggi derajat orang yang meninggal. Semuanya sama rata.

Alamat Bori' Kalimbuang
Kuburan Batu Di Objek Wisata Bori' Kalimbuang (Foto: Nana)
Letak lokasi Bori' Kalimbuang yakni berada di Bori, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Pusat dari kawasan ini yakni di Rante Kalimbuang, yaitu tempat di mana upacara adat rambu solo dan pendirian menhir-menhir di gelar.

Destinasi wisata ini buka setiap harinya mulai pukul 8 pagi sampai dengan 4 soreh. Ada banyak kegiatan yang dapat sobat lakukan ketika berada di destinasi wisata ini, seperti misalnya berfoto selfie di antara Batu Menhir, mengunjungi kuburan goa batu, atau mengunjungi pohon makam bayi.

Rute Menuju Bori' Kalimbuang

Bagi sobat yang pengen mengunjungi objek wisata Bori' Kalimbuang tentu sangat muda, sebab akses jalan menuju ke sana sangat memadai. Sobat bisa menggunakan kendaraan roda dua, roda empat atau rental Mobil Toraja yang tersedia di Kota Rantepao.

Nah abaiklah, mari kita ambil rute paling dekat, yakni dari Kota Rantepao  menuju ke Bori' Kalimbuang. Jika sobat beranjak dari sana menggunakan kendaraan pribadi maka bisa mengembil rute menuju ke arah Jl. Poros Barana, yang kemudian langsung mengarah ke Jl. Poros Paronding-Bori, tepat lokasi objek wisata Bori' Kalimbuang. Jarak tempu yang sobat lalui yakni sekitar 14 kilometer dari Kota Rantepao. Di dalam perjalanan sobat akan di sungguhi pemandangan berupa jejeran persawahan yang di padukan dengan indahnya jejeran rumah tongkonan dan pengunungan khas Toraja.

Namun, perluh sobat ketahui bahwa walaupun kami telah menyediakan rute paling dekat menuju ke objek wisata Bori' Kalimbuang, kami selalu merekomendasikan untuk menggunakan jazah penyedia layanan penunjuk jalan seperti google Maps atau peta lokasi yang kami sediakan, sebab kami tahu bahwa tempat keberangkatan setiap wisatawan itu berbeda-beda.


Alamat: Bori, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91853
Harga Tiket: Rp. 15.000 per orang
Jam Buka: mulai pukul 08.00 sampa

Harga Tiket Masuk Bori' Kalimbuang
Foto: Irfansyarfiy
Untuk dapat menikmati pesona keindahan objek wisata Bori' Kalimbuang, setiap pengunjung akan di kenakkan harga tiket masuk sebesar 15.000 per orang. Harga tiket ini berlaku untuk semua pengunjung baik itu anak-anak, pengunjung lokal, luar wilaya maupun mancanegara.

Namun, ada pula yang bertanya bagaimana jika kita ingin mengeksplor kuburan batu, pohon makam bayi, atau melihat serta berfoto di menhir, apa itu juga berbayar? Nah, kalau yang itu tidak dikenakkan biaya sedikitpun alias gratis.

Fasilitas Bori' Kalimbuang

Sebagai objek wisata yang banyak di pertanyakan para wisatawan dan populer di media sosial, tentu memiliki fasilitas yang terbilang sangat lengkap, yang mana di antaranya adalah Wc umum, tempat parkir kendaraan, penginapan, penjual pernak-pernik Toraja, warung makan, dan masih banyak lagi. Fasilitas ini di sediakan untuk para wisatawan agar betah tinggal berlama-lama di destinasi wisata Bori' Kalimbuang.

Nah, bagaimana sobat kapan kiranya mengunjungi Objek Wisata Bori' Kalimbuang? semoga artikel ini bermamfaat. Artikel ini kami tulis berdasarkan informasi yang penulis dapatkan ketika berkunjung ke Objek Wisata Bori' Kalimbuang. Jika ada perubahan informasi yang sobat ketahui silakan tulis di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Alamat, Rute Dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Bori' Kalimbuang Toraja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel