Pesona Wisata Kete Kesu Toraja, Lengkap Deskripsi, Keunikan Dan Harga Tiket

WISATAOKY.COM, Pesona Wisata Kete Kesu Toraja -- Toraja memang pantas di sebut sebagai tempat pariwisata budaya terbaik yang ada di sulawesi selatan. Hal ini karena selain budaya pemakaman yang cukup unik dan terkenal hingga ke mancanegara, rumah adat serta seni juga pantas di eksplorasi ketika berwisata ke Tanah Toraja. Apalagi Tanah Toraja memiliki banyak tempat yang bisa sobat kunjungi untuk menegok serta menikmati keunikan Budaya Toraja. Salah satu yang paling terkenal adalah desa adat Kate Kesu.
Kete Kesu Toraja
Foto: Inukfs
Kete Kesu ini menawarkan keindahan berupa sejarah yang di padukan dengan kearifan lokal sebagai daya tarik utama. Setiap pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini selalu kagum akan pesona yang di tawarkan. Tidak heran jika setiap tahun jumlah wisatawan yang datang selalu membludak. Nah, jika sobat adalah salah satu pencinta wisata budaya, tentu desa adat Kete Kesu harus sobat eksplorasi. Tapi, sebelum berkunjung simak dulu dong seputar informasi mengenai Kete Kesu Toraja.

Keunikan Kete Kesu Toraja

Sebagai destinasi wisata yang pernah meraih predikat sebagai Kampung Adat Populer di ajang Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2017, tentu Kete Kesu Toraja memiliki keunikan yang membedakannya dengan destinasi wisata budaya pada umumnya. Pas pertama kali menginjakkan kaki di destinasi wisata Kete Kesu Toraja sobat akan di sungguhi keindahan yang cukup menawan. Pesona bentang alam begitu sejuk serta persawahan yang tertata rapi di sekitar desa adat Kete Kesu yang mengelilingi rumah adat Tongkonan Toraja membuatnya para wisatawan makin jatuh cinta.

Rumah tongkonan di desa ini tertata dengan rapi dan saling berhadap-hadapan. Banyak pengujung yang datang ke sini selalu mengabadikan momen di tengah-tengah rumah adat Tongkonan dengan gaya sedikit kece.

Selain pesona Rumah Tongkonan yang tertata dengan rapi, Kete Kesu Toraja juga memiliki tanah seremonial yang dihiasi dengan banyak menhir. tidak cukup sampai di situ, dalam desa ini terdapat juga museum dengan bentuk rumah Adat Tongkonan yang di fungsikan sebagai tempat menyimpan benda-benda peninggalan kuno masyarakat toraja, seperti misalnya keramik, patung, senjata tajam, kain dari cina, ukiran dan pahatan, serta bendera pusaka yang pertama kali di kibarkan di tanah toraja.

Semakin lama sobat mengeksplorasi desa adat ini maka semakin banyak pula keunikan yang akan sobat temukan. Nah, jika sempat sobat juga bisa berkunjung ke salah satu peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang umurnya sekitar 5000 tahun.

Waktu Pas Mengunjungi Kete Kesu Toraja
Kete Kesu Toraja
Pesona Wisata Kete Kesu Toraja
Waktu paling pas mengunjungi destinasi wisata Kete Kesu Toraja yakni pada bulan juni sampai desember. Hal ini di karena, berbagai upacara dan perayaan adat di gelar pada bulan tersebut, salah satunya yakni perayaan Upacara Rambu Solo atau pemakaman adat yang di rayakan besar-besaran. Bukan hanya itu, pada bulan ini masyarakat Toraja juga sering kali mengadakan Upacara Rambu Tuka (upacara perkawinan) yang tidak kalah meria dari Rambu Solo.

Alamat Kete Kesu Toraja

Bagi sobat yang berada di Toraja dan sekitaranya, tentu tidak asing lagi dengan lokasi Kete Kesu. Namun, bagi yang pertama kali datang ke Toraja tentu bertanya-tanya mengenai lokasinya. Nah, alamat lokasi Kete Kesu ini yakni berada di Paepalean, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Untuk dapat menikmati pesona yang ada di sini sobat bisa datang kapan saja sebab destinasi wisata ini buka 24 jam. Ada banyak kegiatan yang dapat sobat lakukan ketika berada di destinasi wisata ini, mulai dari berfoto selfie, belajar budaya, berbaur dengan masyarakat setempat, mengeksplorasi makam batu purbakala dan lain sebagainya.

Rute Menuju Ke Rumah Adat Kete Kesu Toraja
Kete Kesu Toraja
Rumah Adat Tongkonan Kete Kesu Toraja
Destinasi wisata Kete Kesu Toraja sangat mudah di kunjungi bagi para wisatawan, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika sobat beranjak dari kota Rantepao maka bisa mengambil rute ke arah Pantanakan Lolo kemudian ke arah Kete Kesu. Jarak tempu ke destinasi wisata ini yakni sekitar 7 kilometer dengan perjalanan kurang lebih 1 jam tanpa henti.

Sedangkan, bagi sobat yang berada di kota Makale maka ambil rute menuju ke Kota Rantepao untuk bisa sampai ke Kete Kesu. Jarak dari Makale ke Kete Kesu Toraja yakni sekitar 22 kolometer. Adapun rute yang dapat sobat lalui yaitu Mandekek ke arah Tambunan, kemudian ke Pala'-Pala', lalu ke arah Desa Lemo, lalu ke arah Sarira, Lalu ke arah desa Tadongkon, lalu ke kecamatan Bua yang menuju langsung ke arah kota Rantepao. Dari sini sobat ambil rute ke arah Pantanakan Lolo untuk sampai ke desa adat Kete Kesu Toraja.


Lalu bagaimana dengan saya yang berasal dari luar wilaya dan tidak punya kendaraan pribadi? Tenang sobat, di kota Rantepao ada banyak angkutan umum yang bisa sobat gunakan, seperti misalnya angkot, ojek pangkalan atau mennyewah jasa rental mobil Toraja yang lengkap dengan sopirnya. Sobat tinggal duduk santai atau bisa tidur sambil menyimpan tenaga untuk mengeksplorasi keindahan desa adat populer ini.

Nah, untuk mempermudah sobat menemukan lokasi destinasi wisata desa adat Kete Kesu Toraja berikut kami sajikan peta lokasinya.


Alamat: Paepalean, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket: 10.000 per orang
Jam Operasional: 24 jam

Fasilitas Yang Ada Di Kete Kesu Toraja
Pernak Pernik Kete Kesu Toraja
oleh-oleh toraja  (Foto: Yantitanti)
Mengenai fasilitas yang ada di destinasi wisata Kete Kesu bisa di bilang lumayan yah, di sana sudah ada penjual makanan dan minuman. Akan tetapi masih sangat minim, maka dari itu, sebaiknya sobat membawa bekal untuk berjaga-jaga sambil irit isi dompet, hehehe. Di sini juga sudah terdapat fasilitas berupa wc umum serta penjual aneka macam pernak pernik yang bisa di jadikan sebagai oleh-oleh ketika pulang berlibur.

Harga Tiket masuk Kete Kesu Toraja

Untuk harga tiket masuk wisata Kete Kesu Toraja yakni sebesar 10.000 per orang, baik wisatawan lokal, luar wilaya maupun mancanegara. Harga tiket tersebut terbilang sangat murah untuk tempat wisata yang paling keren dan cantik ini.

Penginapan Kete Kesu Toraja

Mengeksplorasi keindahan Kete Kesu Toraja tentu tidaklah cukup untuk 1 hari penuh. Maka dari itu, bagi yang ingin berlama-lama di t\Tanah Toraja, tentu penginapan adalah hal terpenting. Untuk itu berikut kami recomendasikan penginapan paling murah dan dekat dengan destinasi wisata adat Kete Kesu Toraja.

1. Misiliana Hotel Toraja

Hotel ini berlokai di Jl. Pongtiku No. 27, Lemo Menduruk, Rantepao, Tallulolo, Kesu, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan 91861. Fasilitas yang ada di hotel ini sangat lengkap, mulai dari Restoran mewah, kolam renang, Resepsionis 24 jam, tempat parkir, penyewahan mobil, wifi gratis, serta kamar yang lengkap. Untuk harga per kamar silakan: klik di sini!!!

2. Mama Tia Homestay

Penginapan ini berlokasi di  Ba'tan, Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91834. Fasilitas yang ada di hotel ini sangat lengkap, mulai dari tempat parkir, internet gratis dengan kecepatan tinggi, penyewahan mobil, kamar lengkap fasilitas, sarapan gratis, dan lain sebagainya. Untuk harga per kamar silakan: Klik di sini!!!

Nah, dua penginapan di atas kami recomendasikan untuk sobat. Jika belum puas atau ingin mencari penginapan lainnya yang dekat dengan destinasi wisata kete Kesu silakan cek di website penyedia layanan penginapan seperti Tripadvisor atau Agoda.

Demikian informasi seputar destinasi wisata Kete Kesu Toraja semoga artike ini bermamfaat. Artikel ini kami tulis berdasarkan informasi yang penulis dapatkan ketika berkunjung ke destinasi wisata adat Kete Kesu Toraja. Jika ada informasi terbaru mengenai destinasi wisata adat Kete Kesu Toraja silakan tulis di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Pesona Wisata Kete Kesu Toraja, Lengkap Deskripsi, Keunikan Dan Harga Tiket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel