Deskripsi Wisata Londa Toraja, Lengkap Harga Tiket Dan Alamatnya

WISATAOKY.COM, Deskripsi Wisata Londa Toraja -- Berbicara mengenai keunikan wilaya Indonesia tentu Tanah Toraja tidak akan keluar dari daftar pembahasan. Wilaya yang terletak di Sulawesi Selatan ini menyimpan kekayaan alam yang tidak bisa di pungkirin, baik itu wisata alam, sejarah sampai dengan budaya yang selalu bikin takjuk. 
Londa Toraja
Pintu Masuk Londa Toraja
Nah, ngomongin soal budaya maka Toraja adalah salah satu yang memiliki budaya paling unik dan terkenal hingga ke mancanegara, terutama dalam segi pemakaman. Tak habis fikir pemakaman yang ada di Toraja ini di jadikan sebagai tempat pariwisata paling populer oleh wisatawan lokal, luar wilaya bahkan sampai dengan wisatawan mancanegara. Jika sobat adalah salah satunya, maka tentu tidak asing dengan tempat yang satu ini, yakni Londa Toraja.

Londa adalah salah satu destinasi wisata goa di Toraja Utara yang di fungsikan sebagai tempat pemakaman masyarakat Tanah Toraja. Goa ini berada di sebuah bukit Desa Sendan Aui. Ada ratusan atau bahkan ribuan tengkorak dan tulang belulang manusia yang diletakkan secara teratur atau berkelompok sesuai garis keturunan dalam goa ini.

Jika berkunjung ke sana, sebelum masuk ke dalam goa para wisatawan akan di sambut pertama kali oleh jejeran patung-patung. Patung ini di kenal dengan nama tau-tau, yang mana dalam bahasa toraja tau-tau adalah orang-orang atau hasil pahatan kayu yang menyerupai bentuk manusia dengan ukuran kecil. Setiap tau-tau ini memiliki bentuk mirip dengan orang yang sudah meninggal.

Selain itu, di sekitaran dinding masuk goa terdapat pula beberapa peti jenaza yang di tempel menggunakan kayu sebagai penahan agar tidak jatuh. Peti tersebut di kenal dengan istilah Erong dalam bahasa Toraja. Setiap Erong memiliki bentuk yang berbeda-beda dan unik sesuai dengan jaman pembuatannya.

Erong atau peti yang di tempel di dinding goa pemakaman ini memiliki tinggi yang berbeda-beda sobat. Semakin tinggi derajat orang yang meninggal dalam masyarakat, maka semakin tinggi pula tata letak erong mereka di dinding goa. Itulah sebabnya ketika sobat berkunjung ke sana peti atau Erong yang sobat lihat tidak tertata dengan rapi.

Alamat Londa Toraja
Londa Toraja
Foto Tau-Tau Dan Edong Di Depan Goa Londa
Alamat lokasi Londa Toraja yang berada di bukit, tepanya di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara. Goa ini memiliki dua pintu masuk yang dapat sobat lalui. ketika berada dalam goa, sobat tidak hanya menemukan tengkorak serta tulang belulang manusia yang umurnya ratusan tahun, tetapi juga peti-peti yang berisikan jenaza manusia yang baru wafat. walaupun demikian, udara sejuk khas Toraja masih sangat terasa dalam goa ini tanpa ada bau sedikitpun.

Untuk jam operasi wisata Londa Toraja yakni mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Ada banyak kegiatan yang dapat mengisi liburanmu ketika berada destinasi wisata ini, mulai menjelajah ke segala sisi goa, berfoto selfie dengan tengkorang manusia, menyaksikan acara pemakaman (jika beruntung) dan masih banyak lagi. Namun, perluh di catat ketika ingin berfoto bersama tengkorak atau tulang belulang manusia setiap pengujung di larang untuk memegang apalagi memindahkannya.

Rute Menuju Londa Toraja

Sebagai destinasi wisata terkenal di Toraja, akses menuju ke Londa sangat mudah baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Nah, jika sobat beranjak dari arah kota Rantepao maka bisa  mengambil rute langsung menuju ke Londa melewati Jl. Poros Singki. Jaraknya yakni sekitar 7 kilometer. Sedangkan, bagi sobat yang berada di kota Makale, jarak menuju ke Londa yakni sekitar 17 kilometer. Sobat bisa melewati rute Jl. Pongtiku untuk sampai ke Londa.

Namun, bagaimana dengan saya yang berasal dari luar wilaya atau tidak memiliki kendaraan pribadi? Tentu sangat muda sobat, karena di Tanah Toraja sudah banyak jasa angkutan yang dapat sobat gunakan, mulai dari angkot, ojek pangkalan sampai dengan Rental Mobil Toraja. Sobat tinggal menyuruh untuk di antar ke destinasi wisata Londa Toraja.

Harga Tiket Masuk Londa Toraja
Londa Toraja
Foto: Meniksuyani
Sebagai tempat wisata yang menarik dan disukai banyak orang, tentu Londa Toraja memiliki tiket masuk yang relatif murah. Biasanya harga tiket tersebut di bandol dengan harga 10.000 per orang. Harga tiket tersebut berlaku bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berbeda lagi jika sobat ingin masuk ke dalam goa Londa tentu harus menyewa peralatan berupa seter dan pemandu yang siap mengantarkan sobat menjelajah segala sisi goa Londa. Nah, biasanya untuk menyewa pemandu seharga 30.000 baik kelompok maupun per orang. Sedangkan, untuk menyewah peralatan berupa senter yakni seharga 50.000.

Fasilitas Londa Toraja

Untuk fasilitas destinasi wisata Londa Toraja bisa di bilang sangat memadai. Di sana sudah terdapat WC umum, warung makan, area parkir yang cukup luas, serta tempat penjualan pernak-pernik khas Toraja yang bisa sobat jadikan sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh ketika kembali berlibur dari Tanah Toraja.

Kisah Romeo Dan Julien
Romeo dan Julien Versi Toraja (Foto: Mondeo)
Jauh di dalam goa para wisatawan akan di antar ke salah satu tempat paling menarik yakni tengkorak serta tulang belulang Romeo dan Julien versi Toraja. Konon katanya di Toraja ada sepasang kekasih yang cintanya tidak di restui oleh keluarganya karena masih memiliki hubungan keluarga yakni sepupu satu kali. Di mana dalam tradisi Toraja jika seseorang yang masih memiliki hubungan keluarga maka tidak diperbolehkan melanjutkan hubungan ke jenjang lebih tinggi yakni menikah. Kedua kekasih tersebut memutuskan untuk bunuh diri dengan cara gantung diri. Hal ini membuat keluarga dari sepasang kekasi tersebut meletakkannya saling berdekatan di dalam Goa Londa. Katanya, kisah antara Romeo dan Julien ini terjadi pada 1972 tahun silam.

Tips Berwisata Ke Londa

Mengingat Londa adalah salah satu tempat paling sakral di tanah toraja, maka dari sobat perluh mengetahui tips berkunjung ke destinasi wisata ini.

  1. Jangan membuang sampah sembarangan
  2. Jangan pernah memcaci maki atau berbicara tidak senono terhadap tengkorak atau tulang belulang yang ada dalam, demi menjaga keselamatan para wisatawan dan kesakralan kuburan londa.
  3. Jangan pernah memegang, memindahkan apalagi mengambil baranng yang ada dalam goa Londa.
  4. Ketika masuk ke dalam goa Londa ikuti intruksi dari pemandu.

Nah, demikian pembahasan mengenai destinasi wisata Londa Toraja, semoga artikel ini bermamfaat. Artikel ini di tulis berdasarkan informasi yang penulis dapatkan ketika berwisata ke destinasi wisata Londa Toraja. Jika ada perubahan informasi yang sobat ketahui mengenai destinasi wisata Londa silakan tulis di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Deskripsi Wisata Londa Toraja, Lengkap Harga Tiket Dan Alamatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel