Daftar Tempat Wisata Kintamani Bali Yang Hits Dan Bagus Untuk Liburan Keluarga

WISATAOKY.COM -- Bali tentu tidak pernah ketinggalan ketika membahas mengenai tempat istimewa. Daerah yang lasim di kenal dengan julukan Pulau Dewata ini memang menawarkan keindahan layaknya seperti surga para dewa. Segala huburan ada di Bali. Tak heran jika Bali dikenal hingga ke mancanegara. Bahkan di kalangan para turis, Bali lebih terkenal di bandingkan nama negaranya sendiri.

Bali terkenal karena budaya, kearaifan lokal, keragamannya, dan kekayaan alam. Mulai dari wisata air, wisata pertunjukan seni dan budaya, wisata religi, wisata alam asri dan masih banyak lainnya. Tak heran jika banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke pulau Bali.

Nah, apakah sobat merupakan salah satu pencinta wisata Bali? jika ya maka sobat tidak salah berkunjung. Sebab di sini wisataoky.com akan membahas mengenai tempat wisata Bali terpopuler, yah tidak salah lagi yakni Kintamani Bali. Kintamani Bali ini terletak di bagian timur laut pulau Bali yang tepatnya di bawah kaki Gunung Batur. Di sini ada banyak tempat wisata yang wajib sobat kunjungi ketika berada di Kintamani. Namun, apakah sobat tahu wisata apa saja yang ada di Kintamani? Berikut kami sajikan daftar tempat wisata Kintamani Bali yang hits dan bagus untuk liburan Keluarga.

1. Wisata Danau Batur
(Wisata Danau Batur
Pemandangan Wisata Danau Batur (Foto: Sorotbali)
Danau Batur merupakan kawasan wisata yang terletak di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Danau ini memilik luas kurang lebih 16 km persegi, dengan kedalaman kurang lebih 51 meter. Untuk masuk ke wisata Danua Batur tidaklah di pungut biaya, hanya saja bagi sobat yang datang dengan kendaraan pribadi maka tentu akan di kenakkan biaya parkir sebesar 5 ribu untuk kendaraan motor, 10 ribu untuk kendaraan mobil dan 20 ribu untuk kendaraan bus.

Danau Batur memiliki pesona yang cukup elok untuk di pandang. Di mana sobat akan di sungguhi pemandangan berupa danau yang di kelilingi pengunungan dengan pepohonan yang hijau dan sejuk. Di sekelilingnya terdapat spot-spot khusus sebagai tempat menikmati keindahan Danau Batur. Jika di lihat dari ketinggian, Danau Bantur memiliki bentuk seperti bulan sabit sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang memberi julukan sebagai surga terindah di Indonesia. Yang paling menarik di Danau Batur ialah pada pagi dan soreh hari sobat akan di sungguhi pemandangan berupa sunrise dan sunset yang menggambarkan pemandangan sangat indah di danau ini.

2. Wisata Desa Penelokan Kintamani
Wisata Desa Penelokan Kintamani
Pemandangan  Danau Batur dan Gunung Batur dari Desa Panelokan Kintamani (Foto: Murnitah)
Desa Penelokan Kintamani merupakan kawasan wisata yang terletak di area kawasan wisata Danau Batur, yang tepatnya di  Jl. Raya Penelokan, Desa Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Bali, Indonesia. Untuk masuk ke kawasan wisatan ini sobat harus membayar sebesar 15 ribu per orang. Harga tiket tersebut berlaku untuk semua wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. 

Desa Penelokan ini salah satu spot terbaik di Kintamani untuk melihat pesona Danau Batur dan Gunung Batur. Di samping itu, Desa Panelokan juga menawarkan menu makanan yang patut untuk di coba. Adapun menu makanan yang di tawarkan di Desa Kintamani Bali beranekaragam, seperti  misialnya kuliner Khas Bali, Kuliner Indonesia, sampai dengan Kuliner Internasional. 

3. Pura Ulun Danu Batur
Pura Ulun Danu Batur
Pura Ulun Danu Batur (Foto: Mondapins)
Pura Ulun Danu Batur merupakan tempat ibadah Hindu yang ramai di kunjungi wisatawan di Bali. Pura ini berada di Kawasan Danau Batur, tepatnya di  Jl. Kintamani, Batur Selatan, Kec. Kintamani,  Kab. Bangli, Bali, Indonesia. Hanya dengan 10 ribu saja sobat bisa masuk ke kawasan Pura Ulun Danau Batur. Sedangkan, untuk wisatawan non hindu yang ini masuk ke dalam Pura Ulun Danau Batur, maka diharuskan mengikuti anturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelolah pura.

Daya tarik dari Pura Ulun Danu Batur yakni di mana pura ini merupakan pura terpenting kedua di Bali. Pura ini bangun pada tahun 1926,  sebagai bentuk penghoramatan kepada dewi Danau yang bersemayan di sana. Di sini sobat juga bisa menikmati berbagai macam kegiatan keagamaan yang di selingi dengan budaya setempat seperti tari-tarian dan lain-lain. Selain itu, Pura Ulun Danu Batur juga menawarkan pesona keindahan berupa pemandangan Gunung Batur dan Danu Batur yang begitu indah dengan air yang jernih.

4. Wisata Gunung Batur
Wisata Gunung Batur
Pemandangan di atas Gunung Batur (Foto: Trekkingmount)
Gunung Batur merupakan salah satu gunung merapi yang masih aktif di Bali. Gunung ini berada di sisi tenggara gunung berapi atau sisi barat Gunung Agung. Untuk menjelajah ke kawasan Gunung Batur sobat tidak perluh mengeluarkan biaya sedikitpun. Hanya saja bagi sobat yang ingin di temani pemandu yang sudah berpengalaman mengenai gunung ini maka tentu sobat harus menyewanya. Tapi jangan khawatir karena biayanya tidak mahal kok, ya seadanya aja. 

Gunung Batur ini adalah gunung yang mencatatkan dirinya sebagai gunung tertinggi kedua yang ada di Bali setelah Gunung Agung. Tak heran jika banya pencinta trakkeng (pendaki gunung) yang datang ke sana. Hal ini karena memang Gunung Batur menyediakan pemandangan sangat indah, di mana sobat akan di sungguhi pemandangan berupa danau dan kaldera dari ketinggian. Selain itu, Sobat juga akan di sungguhi pemandangan berupa sunrise dan kabut awan yang menyelimuti Danau Batur pada pagi hari, serta udara yang sejuk dan adem khas Gunung Batur. 

5. Wisata Pemandian Toya Bungkah Kintamani
Wisata Pemandian Toya Bungkah Kintamani
Pemandian Toya Bungkah Kintamani (Foto: Toyadevasya)
Toya  Bungkah Kintamani merupakan permandian air panas yang terletak di pinggir Danau Batur, yang berlokasi tepat di Desa Pekraman Batur, Toya Bungkah – Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Untuk masuk ke air panas  ini sobat akan di kenakkan biaya sebesar 60 ribu untuk warga Bali, 100 ribu untuk warga luar bali dan sekitarnya, dan 150 ribu untuk wisatawan asing. Harga tiket tersebut berlaku baik untuk dewasa dan anak-anak. Dengan harga tersebut, sobat bisa menggunakan fasilitas yang ada di permandian ini, seperti misalnya handuk yang di sediakan oleh pihak pengelolah, sabun dan shampo, toilet dan ruang ganti, serta sobat juga bisa memesan menu makanan seperti jus dan soft drink.

Air panas yang ada di sini berasal dari Gunung Batur. Suhu airnya mencapai 50 derajat celsius loh, terus gimana bisa berenang? Nah, jangan khawatir karena suhu 50 derajat ini hanya berada di pusat air panas ketika baru muncul, sedangkan ketika sudah di kolam renang maka suhunya akan berkurang yakni sekitar 10 sampai 20 derajat celsius. Jadi ngak terlalu panas kan, dimana kita tahu bahwa daerah Danau Batur masih memiliki udara yang cukup dingin. Jadi sangat pas kan! 

Selain airnya yang alami, Toya Bungkah Kintamani juga di percaya masyarakat setempat bisa menyembuhkan berbagai penyakit loh, terutama penyakit kulit. Dan hal ini sudah di buktikan oleh banyak orang. Sehabis mandi, Toya Bungkah Kintamani juga menyediakan menu kuliner untuk menjanggal rasa lapar. Menu kuliner di sini patut di acui jempol sebab rasanya yang sangat autentik. Di mana tempat penyajianya kuliner juga sangat pas loh, yakni tepat di pinggir Danau Batur.

6. Wisata Patung Dewi Danu Kintamani
Patung Dewi Danu
Patung Dewi Danu Kintamani (Foto: Ceuati)
Patung Dewi Danu merupakan salah satu obyek wisata spiritual yang ada di Bali. Patung ini di buat sebagai rasa syukur kepada Dewi Danu yang telah memberikan kemakmuran bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Kec. Kintamani. Patung ini berada di Jaba Tengah Pura Ulun Danau Batur, tepatnya di hulu Danau Batur, Desa Songan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Bali Indonesia.

Daya tarik dari Patung ini yakni di mana patung ini merupakan patung yang mencatatkan dirinya sebagai patung Dewi Datu tertinggi di Nusantara. Patung ini berdiri sekitar 15 meter di atas batu padas, lengkap dengan penjaganya. Dengan tata letak tersebut, tentu memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung. Adapun kegiatan yang dapat sobat lakukan di sini, yakni di antaranya adalah berfoto selfie, mengelilingi danau dengan perahu kecil, bersantai sambil menikmati indahnya danau, dan masih banyak lagi.

Nah, Gimana sobat! tempat wisata manakah yang akan menjadi tujuan liburan kalian di Kintamani Bali tahun ini? silakan tulis di kolom komentar yah! semoga bermamfaat!!!

1 Komentar untuk "Daftar Tempat Wisata Kintamani Bali Yang Hits Dan Bagus Untuk Liburan Keluarga"

  1. Artikelnya bagus semoga bermanfaat, jangan lupa kunjungi blog jejak day

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel