Alamat, Rute Dan Harga Tiket Tebing Apparalang

WISATAOKY.COM -- Berwisata ke daerah Bulukumba memang tidak membosankan. Hal ini di karena keindahan alam Bulukumba memang mengoda mata para pelancong yang melihatnya, terutama pesona pantai. Sebut saja pantai Tanjung Bira yang terkenal hingga ke mancanegara. Selain itu, terdapat juga Tebing Apparalang yang tren dan menjadi pusat pembicaraan di media sosial.
Tebing Apparalang
Foto: Aknessari
Tebing Apparang merupakan obyek wisata berupa pantai namun tidak memiliki pesisir, melainkan hanya terdapat batu karang saja yang menjulang tinggi dengan bentuk sangat apik dan indah. Letaknya yakni berada di desa Ara, Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selantan. 

Daya Tarik Tebing Apparalang

Daya tarik yang di miliki Tebing Apparalang memang tidak di ragukan lagi. Dengan pemandangan yang begitu indah, tebing ini juga memiliki laut yang kaya akan sumber daya berupa terumbuh karang. Sobat bisa menikmati keindahan terumbuh karang tersebut dari ketinggian, sebab air laut Tebing Apparalang sangatlah jernih. Namun, tidak ada yang kalah kerennya ketika melihat dan bersentuhan langsung dengan terumbuh karang di dalam air. Sobat tidak perluh khawatir untuk berbasah-basah di sini, sebab pihak pengelola tempat wisata ini telah menyediakan fasilitas berupa pakainya renang atau snorkeling.

Di tebing ini sobat juga bisa menyaksikan atau bahkan mencobah antraksi yang sering kali di lakukan oleh para masyarakat setempat, yakni melompat dari ketinggian Tebing Apparalang. Namun perluh di ketahui, bahwa ketika melakukan hal ini maka sobat harus ekstra hati-hati sebab tebing ini memiliki bebatuan yang cukup tajam.

Selanjutnya, Tebing Apparalang juga memiliki lingkungan yang sangat bersih, sejuk dan jauh dari polusi. Nah, disinilah tempat yang paling cocok bagi sobat yang ingin menenangkan diri akibat rutinitas sehari-hari.

Rute Menuju Tebing Apparang


Foto: Azralee
Jika sobat tepat berada di Kota Bulukumba dan ingin menuju ke Tebing Apparalang, maka ambil rute ke jln. poros tanah Beru-Bira. Di bagian kiri sobat akan melewati SMK Negeri 6 Bulukumba, tinggal lurus hingga menemukan pertigaan di depan SPBU Durubiah, lalu ambil rute menuju ke jln. Apparalang untuk sampai ke Tebing Apparalang.

Selanjutnya, jika sobat tepat berada di Kota Makassar maka ambil rute menuju ke Kota Bulukumba. Dari Makassar sobat membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan untuk sampai ke Tebing Apparalang. Sobat bisa menjadikan SMK 6 Bulukumba sebagai patokan. Nah, dari sini sobat tinggal menyusuri jalan menuju ke Desa Ara lalu ke jln. Apparalang.

Perluh sobat ketahui bahwa akses jalan menuju ke Tebing Apparalang belum memadai, sobat akan melewati jalan curam dan bebatuan, maka dari itu di anjurkan untuk menggunakan kendaraan roda dua, walaupun roda empat bisa masuk sampai ke tempat parkir tapi ini akan membutukan waktu yang cukup lama. Belum cukup sampai di sini, sobat akan melakukan Trekking untuk sampai ke Tebing Apparalang. Namun, jangan khawatir karena semua usaha dan kerja keras yang sobat lakukan tidak akan sia-sia karena sobat akan di sambut oleh pemandangan yang begitu indah dengan udara yang sepoi-sepoi.

Untuk mempermudah sobat menuju ke Tebing Apparalang maka silakan lihat peta lokasi di bawah ini.


Harga Tiket Masuk Tebing Apparalang

Untuk masuk ke Tebing Apparalang sobat tidak perluh merongok kantong terlalu dalam, harga tiket masuk ke Tebing Apparalang hanya sebesar Rp. 5.000 saja.

Sedangkan, bagi sobat yang datang dengan kendaraan pribadi, maka di haruskan membayar sebesar Rp. 20.000 dan itu sudah termasuk tiket masuk.

Fasilitas Tebing Apparalang


Foto: Pesonaid-travel
Membahas tentang fasilitas yang ada  di Tebing Apparalang bisa di bilang cukup memadai. Dengan tebing yang begitu curam maka tentu sudah di lengkapi dengan pengaman berupa pagar yang lengkap sehingga dapat memperkecil resiko kecelakaan. Di samping itu, terdapat juga fasilitas penunjang lainnya seperti wc umum yang cukup bersih, warung makan dengan aneka macam kuliner yang di jual dengan harga relatif terjangkau, dan  mushola yang cukup bersih.

Sedangkan, untuk sampai ke permukaan air laut, sobat harus melewati tangga dengan tinggi kurang lebih 8 meter. Sesampai di permukaan, sobat akan di sambut oleh deburan ombak yang seolah menari dan menghantam pinggir tebing. Di permukaan air laut juga terdapat jembatan yang terbuat dari kayu. Di sini sobat bisa melakukan kegiatan apa saja, seperti misalnya berfoto selfie atau menikmati terumbuh karang.

Tips Berwisata Ke Tebing Apparalang

Untuk sobat yang merencanakan berwisata ke Tebing Aparalang, maka ada baiknya perhatikan  beberapa tips di bawah ini.
  1. Jangan membuang sampah sembarangan
  2. Usahakan agar selalu tetap menjaga stamina diri sebab sobat akan melakukan trekking untuk sampai di sana. 
  3. Berhati-hatilah ketika berada di Tebing Apparalang, karena selain memiliki tebing yang cukup tinggi, air laut yang ada di sana juga sangat dalam.
  4. Ingatlah agar selalu membawa baju ganti, karena sesampai di sana sobat akan tertarik untuk melakukan kegiatan snorkelling.
  5. Jangan lupa membawah kamera
Nah, mungkin ini saja pembahasan mengenai Tebing Apparalang, jika sobat memiliki informasi lebih mengenai tebing apparalang maka silakan tulis di kolom komentar. semoga artikel ini bermamfaat!!!.

Belum ada Komentar untuk "Alamat, Rute Dan Harga Tiket Tebing Apparalang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel