10 Daftar Air Terjun Di Bandung Yang Instagramable

WISATAOKY.COM -- Hallo sobat wisataoky, Bandung terkenal akan daerah yang di dominasi oleh pegunungan, tentu ada banyak tempat wisata alam yang terselubung di wilaya ini, salah satunya yaitu air terjun. Dalam bahasa sunda, air terju juga di kenal dengan istilah curug. Curug ini sendiri merupakan aliran air yang berajak (jatuh) dari ketinggian menuju ke tempat lebih rendah melewati sebuah formasi bebatuan yang sangat curam.

Curug ini memiliki bentuk dan ciri khas masing-masing berdasarkan tempat dan jumlah air yang mengalir. Ada yang bentuknya bertingkat, adapulah yang bentuknya tidak bertingkat. Nah, untuk itu jika sobat merencanakan liburan di Bandung maka jangan lewatkan curug yang ada di sana. Ada banyak curug yang siap menjadikan wisatamu tidak sia-sia loh. Namun, apa saja sih curug yang hits di Bandung? Berikut kami telah merangkumnya ke dalam 10 Daftar Air Terjun Di Bandung Yang Instagramable.

1. Curug Citambur
Pesona Curug Citambur (Foto by @ Curugcitambur)
Alamat: Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia
Harga Tiket: Mulai Rp. 10.000 per orang
Jam Buka: 24 jam
Google MapsKlik di sini!!!

Curug Citambur merupakan air terjun yang terletak di daerah Ciajur, Bandung. Curug ini memiliki tinggi sekitar 130 meter dari permukaan tanah, serta memiliki tiga tingkatan yang berbeda. Dimana tingkatan yang pertama memiliki tinggi sekitar 12 meter, tingkat yang kedua sekitar 116 meter dan tingkat ke tiga sekitar 2 meter. Kuncuran air yang begitu deras jatuh dari balik gunung menghasilkan angin yang begitu kencang dan kabut tipis di sekelilingnya. Di tambah lagi dengan pemandangan alam yang begitu hijau dan eksotis membuat para pengunjung yang melihatnya akan seketika kagum.

Tak jauh dari kuncuran air terjun, terdapat juga wahana berupa kolam yang di lengkapi dengan fasilitas berupa spot foto berbentuk love, gasebo, dan masih banyak lagi. Terdapat juga tepat bermain flying fox bagi sobat yang ingin mencobanya.

2. Curug Dago
Curug Dago (Foto by @ Bimayaka)
Alamat: Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 
Harga Tiket: Mulai Rp. 10.000 sampai 15.000 per orang.
Jam Buka: Mulai pukul 08.00 sampai 17.00 soreh.
Google Maps: Klik di sini!!!

Dari namanya kita sudah bisa tebak bahwa curug yang satu ini terletak di Desa Dago, kota Bandung. Curug ini memiliki tinggi sekitar 12 meter dari permukaan tanah. Kuncuran air yang begitu deras, serta peninggalan sejarah berupa tempat-tempat raja thailand merupakan daya tarik utama dari curug Dago. Nah, ketika merencanakan curug ini sebagai tempat liburan, maka sobat harus membawa kamera karena pesona dan keindahannya memang  harus di abadikan.

Yang perluh di ketahui bahwa curug ini seringkali memiliki debit air keruh, jadi tidak cocok jika sobat ingin menjadikannya sebagai tempat bermain air apalagi mandi.

3. Curug Cimahi
Curug Cimahi (Foto by @ Kemanakitaliburan)
Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.
Harga Tiket: Mulai Rp. 15.000 per orang
Jam Buka: Mulai pukul 07.00 sampai 20.00 soreh
Google MapsKlik disini!!!

Kalau curug yang satu ini mungkin tidak asing lagi di telinga sobat, yakni Curug Cimahi. Curug ini memiliki tinggi sekitar 87 meter dari permukaan tanah. Pesona keindahan yang di tawarkan curug ini memang tidak bedah jauh dengan curug-curug lain pada umumnya. Dimana sobat akan di sungguhi oleh pemandangan kuncuran air yang begitu istimewa serta pepohonan alam di sekitarnya yang begitu rindang. Tak hanya itu, di curug ini sobat juga bisa menemukan segerombolan monyet-monyet yang sudah jinak. Walaupun demikian, sobat harus berhati-hati dengan mereka, karena bisa saja barang yang sobat bawah di ambil oleh mereka.

4. Curug  Malela
Curug malela (Foto by @ Jelajahbandung)
Alamat: Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.
Harga Tiket: Mulai Rp. 10.000 per orang
Jam Buka: Mulai pukul 08.00 sampai 17.00 soreh
Google MapsKlik disini!!!

Curug Malela merupakan satu dari sekian banyak air terjun favorit yang ada di Bandung. Curug ini memiliki tinggi dan lebar sama, yakni 70 meter. Di tambah lagi dengan aliran air yang begitu deras membuat curug ini memiliki keindahan yang tak boleh terlewatkan. Daya tarik dari curug Malela yakni terletak pada bentunya, dimana curug ini memiliki 5 jalur aliran air dan terlihat bertingkat-tingkat. Tentu dengan bentuknya tersebut, curug ini sangat cocok bagi sobat yang suka dengan kegiatan foto selfie.

5. Curug Sanghyang
Curug Sanghyang (Foto by @ Jajang)
Alamat: Kp. Kombongan, Pakenjeng, Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.
Harga Tiket: Mulai Rp. 7.000 per orang
Jam Buka: 24 jam
Google MapsKlik disini!!!

Selanjutnya yakni curug Sanghyang, yang teletak di daerah Garut. Curug ini memiliki 2 buat jalur kuncuran yang saling bersebelahan, dan masing-masing memiliki tinggi sekitar 82 meter dari permukaan tanah. Pesona yang di tawarkan dari curug ini tidak hanya terletak pada derasnya air yang jatuh dari balik pegunungan, tetapi juga terletak pada pesona alam sekitar yang begitu sejuk dan asri.

6. Curug Cinulang
Curug Cinulang (Foto by @ Familyback)
Alamat: Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Cimanggung, Sindulang, Kec. Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia
Harga Tiket: Mulai Rp. 5.000 per orang
Jam Buka: Mulai Pukul 08.00 sampai 18.00 soreh
Google MapsKlik disini!!!

Curug Cinulang ialah curug yang memiliki tinggi sekitar sekitar 60 meter, dan terletak di Cicalengka Sindang Wangi. Pesona yang di tawarkan curug ini memang sangat memanjakan mata.  Dimana sobat akan di sungguhi oleh pemadangan berupa 2 kuncuran air yang saling bersebelahan dan masing-masing memiliki debit yang cukup deras. Selain itu, di sekitar curug ini juga di lengkapi dengan fasilitas yang bisa di bilang sangat memadai.

7. Curug Maribaya
Curug Maribaya (Foto by @ Huntingtonch)
Alamat: Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia
Harga Tiket: Mulai Rp. 25.000 untuk anak-anak dan Rp. 35.000 untuk dewasa.
Jam Buka: Mulai pukul 08.00 sampai 18.00 soreh
Google MapsKlik disini!!!

Selain permandian air panas, daerah Maribaya juga terkenal akan akan air terjun yang sangat oksotis, salah satunya yaitu Curug Maribaya. Curug ini memiliki tinggi sekitar 120 meter dan 3 aliran air  yang masing-masing memiliki debit yang cukup deras. Hal demikian, tentu membuat para pengunjung akan seketika kagum ketika melihatnya. Selain itu, curug ini juga di lengkapi dengan fasilitas yang sangat memadia, mulai dari spot foto, warung makan, wc umum, mushola, dan masih banyak lagi.

8. Curug Bandung Karawang
Curug Bandung Karawangan (Foto by @ Miftahulhmdi)
Alamat: Mekarbuana, Tegalwaru, Mekarbuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Harga Tiket: Mulai Rp. 8.000 per orang
Jam Buka: 24 jam
Google MapsKlik disini!!!

Curug Bandung Karawangan merupakan salah satu air terjun di kawasan wisata Kampung Desa Mekarbuana, yang memiliki debit air sangat banyak dan dingin. Curug ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dan lebar 5 meter. Hal ini membuat Curug Bandung Karawangan selalu berisik setiap harinya. Pesona dan keindahan yang di tawatkan curug ini memang tak di ragukan lagi. Dimana sobat bisa merasakan sensasi mandi secara langsung di bawah kolam air yang sangat dangkal. Tak hanya itu, di sekitar curug ini juga terdapat pepohanan yang masih sangat rindang dan alami.

9. Curug Tilu Leuwi Opat
Curug Tilu Leuwi Opat (Foto by @ Curugtelileuwiopat)
Alamat: Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Harga Tiket: Mulai Rp. 10.000 per orang
Jam Buka:  Mulai pukul 09.00 sampai 18.00
Google MapsKlik disini!!!

Lembang merupakan salah satu daerah paling banyak di kunjung wisatawan di Bandung. Hal ini dikarenakan pesona dan keindahan alam yang terselubung di sana memang sangat luar biasa, salah satunya yaitu Curug Tilu Leuwi Opat. Curug ini memiliki bentuk yang sangat unik karena bertingkat dan debit air pun cukup deras. Selain itu, di curug Tilu Leuwi Opat juga tersedia area berupa Outbond yang siap menjadikan liburanmu tidak sia-sia. Salah satu yang paling diminati para wisatawan yakni trekking, dimana sobat akan di ajak menelusuri air tejun ini.

10. Curug Cilengkrang
Curug Cilengkrang (Foto by @ Ajiperdana)
Alamat: Cilengkrang, Kec. Cilengkrang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
Harga Tiket: Mulai Rp. 5.000 sampai 20.000 per orang
Jam Buka: mulai pukul 07.00 sampai 18.00 soreh
Google MapsKlik disini!!!

Curug Cilengkrang merupakan salah satu curug populer di kalangan milenial yang ada di kota Bandung Timur, yang tepatnya di Gunung Manglayang. Posena yang di tawarkan curug ini tak bedah jauh dengan curug lainnya, dimana sobat akan di sungguhi oleh pemandangan berupa kuncuran air dan pemandangan alam yang instagramable. Selai itu, sobat juga bisa menemukan aneka macam satwa liar berupa lutung atau monyet yang sangat jinak. Tak hanya itu, curug ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjuang, namun belum memadai.

Nah, sekian pembahasan mengenai 10 daftar Air Terjun di Bandung yang instagramable  , semoga artikel ini bermamfaat, dan jangan lupa berjunjung ke artikel lain yang ada di blog ini. enjoy!!!

Belum ada Komentar untuk "10 Daftar Air Terjun Di Bandung Yang Instagramable"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel