Pantai Losari Wisata Kota Makassar dan Fasilitas yang Disediakan

WISATAOKY, MAKASSAR -- Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Losari, salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di kota Makassar. Pantai Losari merupakan pusat tempat wisata di kota Daeng. Tidak heran jika tiap hari pantai losari sangat ramai dikunjungi para wisatawan baik dari luar maupun masyarakat yang tinggal di kota Makassar.

Pantai Losari menjadi pilihan masyarakat, sebab tempatnya sangat strategis dan berada di jantung kota Makassar. Selain itu, pantai Losari juga sangat mudah dijangkau transportasi umum baik roda dua maupun roda empat. Di Sulawesi Selatan, pantai Losari juga menjadi ikon pariwisata.

Pantai Losari Wisata Kota Makassar dan Fasilitas yang Disediakan
Pantai Losari
Fasilitas Wisata Pantai Losari Makassar

Adapun berbagai fasilitas yang dapat anda nikmati di Pantai Losari diantaranya yakni:

1. Skateboard

Bagi anda yang ingin menikmati permainan Skateboard bisa berlibur ke Pantai Losari pada hari Sabtu dan Minggu atau Hari Libur Nasional, sebab pada hari tersebut jalan di sekitar Pantai Losari ditutup alias Car Free Day. Jadi anda dapat menikmati permainan Skateboard tanpa gangguan kendaraan, sebab pada hari libur jalan memang diperuntuhkan bagi mereka yang ingin menikmati olaraga di pantai Losari.

2. Perahu, Sepeda Air dan Banana Boat

Bagi anda yang suka permainan air, dipantai Losari terdapat permainan perahu bebek yang bisa disewah dengan harga terjangkau. Anda dapat menikmati keindahan pantai losari dengan berkeliling disekitar pantai. Perahu ini dapat digunakan untuk dua sampai empat orang, jadi sangat tepat bagi teman yang ingin berlibur bersama keluarga atau pasangan. Selain itu tersedia juga permaian seperti sepeda air dan banana boat.

3. Musolla

Fasilitas lainnya yang disediakan di Pantai Losari adalah Musolla. Disini terdapat masjid terapung yang dalam masyarakat Makassar lebih dikenal dengan nama masjid amirul mukminin. Mesjid ini berada di timur laut pantai losari. Para pengunjung biasanya menggunakan masjid sebagai tempat berfoto sebab pada lain 2 terdapat tempat yang biasanya dignakan para pengunjung untuk mengambil foto pantai Losari dari atas.
Pantai Losari Wisata Kota Makassar dan Fasilitas yang Disediakan
masjid amirul mukminin

4. Wifi Gratis

Fasilitas berikutnya yang tak kalah menarik di pantai Losari sudah tersedia wifi gratis yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Bagi anda yang lagi kere, jangan kwatir sebab semuanya sudah disiapin disini. Anda dapat menonton sambil santai atau chatingan dengan pasanga, buka media social dan berbagai aktifitas lainnya.

5. Lukisan di Pantai Losari

Bagi anda yang suka berfoto, di sekitar Pantai Losari juga terdapat Lukisan tepatnya di gedung seni rupa. Jadi bagi anda yang suka mengabadikan foto bisa menghampiri gendung ini. Ada banyak lukisan di dalam Gedung ini diantaranya lukisan manusia, alam, seni budaya dan masih banyak lainnya.
Pantai Losari Wisata Kota Makassar dan Fasilitas yang Disediakan
Gedung Seni rupa

6. Makanan di Pantai Losari

Bagi anda yang suka makanan khas, di Pantai Losari juga terdapat berbagai makanan dan minuman khas Makassar seperti misalnya, ayam bakar, ayam goring, ikan bakar, ikan goreng, mie rebus, pisang epe, jus, jagung bakar, kacang rebus, sara’ba, coto Makassar, dan masih banyak lainnya.

Ikon Toraja, Bugis dan Mandar di Pantai Losari

Selain lukisan, para pecinta fotografer juga bisa menikmati berbagai ikon-ikon yang ada di pantai losari seperti misalnya Ikon Rumah Adat Toraja, City of Makassar, becak, perahu Pinisi, Ikon kerbau. Pada malam hari ikon-ikon ini terlihat sangat indah sebab dihiasi oleh lampu warna-warni. Selain itu pada pinggir pantai juga banyak lampu jalan dan pohon kelapa berjejeran yang menambah indahnya pemandangan. Ikon yang paling banyak ditempati berfoto di Pantai Losari adalah Tulisan Pantai Losari yang terletak pada tengah-tengah Pantai Losari.

Foto-Foto Pantai Losari

Ikon Tulisan Mandar di Pantai Losari

Ikon Tulisan Toraja di Pantai Losari

Ikon tulisan Makassar di Pantai Losari

Ikon Tulisan Bugis di Pantai Losari

Lapangan Futsal di Pantai Losari

Yang tak kala menarik di Pantai Losari tersedia lapangan futsal bagi para pecinta bola. Biasanya para anak-anak mudah bermai pada ppagi dan sore hari. Anda juga bisa bermain pada malam hari, sebab lapangan ini sudah disediakan lampu.

Alamat Patai Losari Makassar

Pantai Losari berada di Jalan Penghibur, Kota Makassar , Sulawesi Selatan. Dari Bandara Sultan Hasanuddin, kepantai losari dapat ditempuh selama satu jam dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika anda lewat jalan tol maka dapat ditempuh 40 menit. Dari Pelabuhan Soekarno Hatta dapat ditempu selama 20 menit. Disekitar pantai tersedia becak dan odong-odong bagi teman-teman yang ingin mengelilingi pantai Losari. Bagi masyarakat yang berada di sekitar Kota Makassar dapat menggunakan angkot atau bus menuju pantai losari.

Tiket Biaya Masuk Pantai Losari Makassar

Untuk masuk ke pantai losari, masyarakat tidak dipungut biaya sedikit pun, pengunjung hanya perlu membayar uang parkir, dan toilet. Jadi anda tidak perlu kwatir jika tidak punya uang tetapi ingin menikmati keindahan Pantai Losari, sebab disini tidak dipungut biaya.

Patung Para Pejuang Sulawesi Selatan

Keindahan lain yang dapat dinikmati di Pantai Losari yakni patung-patung para pejuang atau tokoh pendiri Sulawesi Selatan. Disni terdapat kurang lebih 20 patung tokoh yang tersebar di sekitar pantai losari seperti misalnya patung H. Aroeppala, A Sultan DG. Raja (1894-1963), Sultan Hasanuddin (1631-1670),  Jend. A. MUH. Jusuf (1928-2004), Ranggong DG. Romo (1915-1947), Amannagappa, A. Pangerang Pettrani (1903-1966), LA Sinrang (1856-1938), Maipa Dea Pati, Andi ABD. BAu Massepe (1918-1947),  La Sindrang (1856-1938), Lantong DG. Pasewang, La Madukelleng (1700-1765), Karaeng Patingalloang (1600-1654), Mayjen. A. Mattalatta (1920-2004),  Datu Museng, Pongtiku (1846-1907), Andi Djemma (1901-1965).

Pantai Losari Wisata Kota Makassar dan Fasilitas yang Disediakan
Patung A. Pangerang Pettrani (1903-1966),

 Anjungan Pantai Losari Makassar

Selain patung pejuang di atas, di Pantai Losari juga terdapat berbagai patung-patung yang berada pada anjungan Toraja, Mandar, dan Anjungan Bugis Makassar. Dalam anjungan bugis dan Mandar terdapat Kapal pinisi dan becak. Kemudian pada anjungan Toraja terdapat patung kerbau, atau dalam bahasa toraja dikenal dengan nama tedong. Terdapat juga patung tokoh dunia seperti mahatma Gandhi, Syekh Yusuf, nelson Mandela. Selain itu ada juga Patung Ramang.

Car Free Day di Pantai Losari

Pada hari libur daerah sekitar pantai Losari diadakan car free day, hal ini dimaksutkan agar para masyarakat yang ingin olaraga bersama keluaraga bisa menikmati liburan. Selain itu juga, car free day dimanfaatkan oleh komunitas-komunitas yang ada di kota Makassar untuk saling berkumpul. Pada pergantian tahun, pantai losari menjadi pusat wisata masyarakat Makassar, sebab tempatnya yang dekat dan fasilitas yang disediakan cukup memadai.

Penginapan dan Tempat Bersantai di Pantai Losari

Dari semua tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan, pantai Losari merupakan tempat yang sangat lengkap fasilitasnya, sebab tempatnya yang berada di Jantung Kota Makassar. Bagi anda yang suka bersantai, jangan pusing untuk mencari tempat sebab disekitar pantai losari terdapat berbagai akomodasi hotel mulai dari harga murah hingga kelas berbintang, restoran, cafĂ©, dan warung-warung. Selain itu juga terdapat rumah sakit, kerajinan emas, souvenir dan masih banyak lainnya. 

Keindahan Pantai Losari Makassar

Pada sore dan pagi hari anda dapat menikmati matahari terbit dan tenggelam yang sangat indah. Sehingga tidak heran jika pantai losari menjadi incaran para wisawan baik dalam negeri maupun manca Negara. Mereka rela menginap di sekitar pantai demi menikmati keindahan Pantai Losari. Wisata pantai losari merupakan pantai yang tidak ada tandinganya di Kota Makassar.

Pantai Losari Wisata Kota Makassar dan Fasilitas yang Disediakan
Suset di Pantai Losari

Sisi Lain Pantai Losari

Tidak seperti Pantai Lain, Pantai Losari hanya bisa di nikmati keindahannya, sebab Pantai ini tidak menyediakan tempat untuk berenang bersama keluarga. Disepanjang pantai sudah dipasangi pagar tembok yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Jadi di Pantai losari secara tepatnya tidak ada pasir untuk bersantai seperti pantai-pantai pada umumnya. Tetapi jangan kwatir sebab disini disedikan perahu bebek yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Perahu ini bisa mengantarkan anda ke dalam laut. Disini juga tidak ada banana boadt dan sepeda udara. Bagi para pengunjung yang hobby dengan mancing, bisa melakukannya di pinggir-pinggir tanggul yang mengelilingi pantai. 

Jam Buka Pantai Losari

Pantai Losari dibuka setiap hari. Tidak seperti tempat wisata lainnya yang memiliki jam operasional. Anda dapat menikmati keindahan pantai kapan ajah, tetapi wisataoky.com menyarankan jika ingin menikmati keindahan Pantai Losari bisa datang sekitar jam 15;00-21;00. Sebab jam berikut tempat ini terbilang ramai dan bebas dari panas.
Foto Keindahan Patai Losari

Julukan Pantai Losari

Pantai losari pernah mendapat julukan sebagai warung terpanjang di dunia sebab disepanjang pantai terdapat tenda-tenda penjual yang berjejeran hamper mencapai 1 kilometer. Tenda-tenda ini menjual berbagi mancam hidangan dari khas Makassar seperti misalnya pisang epe yaitu pisang gepeng yang dibakar kemudian disiram dengan gula merah yang telah dilarutkan dalam air. Karena mengganggu kenyaman para pengunjung serta merusak indahnya pemandangan, warung-warung tersebut dipindahkan ke depan rumah walikota Mamassar.

Deskripsi dan Sejarah Pantai Losari Makassar 

Pantai Losari merupakan Tempat Wisata yang berada di pinggir Kota Makassar, berdekatan dengan Tanjung bayam. Letaknya berada di depan Rumah Sakit Stelamaris Makassar. Pantai Losari adalah tempat wisata air yang berada di pinggir kota Makassar alias pinggir laut. Diseni berbagai hal dapat dinikmati seperti misalnya, makanan khas Makassar, suset, ikon pahlaman, ikon budaya Toraja, Bugis dan Mandar, patung tokoh dunia, tempat olaraga seperti futsal dan skateboard, dan masih banyak lainnya.

Jika dilihat sejarahnya, maka pantai Losari dibangun pada tahun 1945 oleh DM Vn Switten, selaku Pemerintah Wali Kota Makassar di masa pemerintahan NICA. Pada saat itu, pantai Losari masih bernama Pasar Ikan. Pembangunan dimulai dengan membuat beton sepanjang 910 meter, dengan tujuan menjaga beberapa obyek dan sarana strategis warga di sekiata pantai. Sebab pada saat itu, pantai losari sangat deras ombaknya.

Pantai Losari Pada Malam Hari
Pemberian nama Pantai Losari jelasnya tidak diketahui kapan, namun beberapa sumber mengatakan bahwa Nama Pantai Losari diberikan setelah pembangunan beton 910 meter tahun 1945. Kendati demikian tidak diketahui secara pasti apa makna kata “Losari”.  

Jika merujuk pada bahasa Jawa maka Losari berasal dari kata “Los” yang bermakna ia sebuah kawasan (tempat untuk berjual beli) yang dalam hal ini pasar yang terbagi-bagi menjadi beberapa “Los”. Sedangkan kata “Los” dalam konteks kejawaan memiliki arti terlepas. Sedangkan kata “ari” dimaknai sebagai pembungkus seperti yang dimaknakan pada manusia yakni kata “ari-ari berarti pembungkus bayi.

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Losari memiliki makna sebagai “kawasan lepas” dalam hal ini lepas dari pasar Ikan, hal ini merujuk pada tempat ini memang dulunya adalah tempat berjualan.

Indahnya Pantai Losari dari Atas
Kemudian beberapa sumber lain mengatakan bahwa kata Losari berasal dari kata “Los dan Ari” yang bisa dimaknai secara sederhana sebagai kawasan lepas yang terselubungi oleh dua lapisan utama. Secara harfiah maka kata Los, (bahasa Jawa) punya ambigus makna sebagai “ia sebuah kawasan atau tempat untuk berjual-beli”, sebagai toko-toko atau pasar yang terbagi-bagi menjadi beberapa los. Kemudian los, dalam konteks kejawaan, berarti terlepas atau udar. Mengingat bahwa kawasan Pantai ini dulunya memang adalah tempat berjualan. sedangkan untuk kata “ari” dimaknakan sebagai pembungkus dan penyuplai, seperti yang dimaknakan pada kata “ari-ari”.

Demikian Artikel ini semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pantai Losari Wisata Kota Makassar dan Fasilitas yang Disediakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel