Tempat Wisata Pulau Bahuluang Selayar dan Fasilitas Yang Disediakan

WISATA SELAYAR --  Siapa yang tidak kenal dengan Sulawesi, salah satu pulau terbesar kesebelas di dunia. Pulau ini,  terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina. Sulawesi terkenal dengan berbagai keindahan alam, mulai dari laut, hutan serta berbagai kearifan lokal lainnya. Salah satunya yakni keindahan alam yang terletak di Pulau Bahuluang.

Pulau Bahuluang adalah salah satu Pulau yang terletak di Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia yang menawarkan keindahan alam yang begitu indah. Pulau Selayar memiliki luas sebesar 10.503,69 km² dengan jumlah penduduk 123.283 jiwa. Salah satu yang menjadi daya tarik pulau Selayar yakni keindahan alam yang ditawarkan oleh Pulau Bahuluang. Anda tertarik untuk berwisata kesini, simak dulu deskripsi keindahan pulau bahuluang.

Tempat Wisata Pulau Bahuluang Selayar dan Fasilitas Yang Disediakan
Gusung Karangan Bau, Bahuluang, Kabupaten Kepulauan Selayar (Foto; mytrip_myadvntr)
Deskripsi Tempat Wisata Pulau Bahuluang Selayar

Pulau Bahuluang adalah sebuah Pulau Kecil yang terletak di Sebelah Selatan kepulauan selayar, Sulawesi Selatan. Pulau ini merupakan surganya para Traveling karena sangat indah. Berbagai keindahan dapat kita nikmati disini sepertih misalnya, pemandangan pohon kelapa yang berjejeran di pinggir pantai, berbagai pohon kecil yang rindang, pasir putih di sepanjang pantai, air berwarna biru laut yang begitu jerni serta batu karang dan goa-goa kecil di sepanjang pinggir pantai. Dolihat dari topografinya, Pulau Bahuluang memiliki topografi yang bervariasi dari datar sampai agak miring

Lokasi Wisata Pulau Bahuluang Selayar

Secara geografis Pulau Bahuluang Selayar terletak pada titik koordinat 6o28'55"LS dan 120o25'38" BT. Dilihat dari letaknya, Pulau Bahuluang terletak pada; Sebelah Utara Pulau Pasi, Sebelah Timur Pulau Selayar, Sebelah Barat Laut Flores dan Sebelah Selatan Pulau Tambolongan.


Jika anda berminat untuk berwisata ke Pulau Bahuluang, anda dapat menempu akses jalan dari kota Makassar menuju pelabuhan penyeberangan fery Bulukumba denga kendaraan pribadi atau transportasi umum selama perjalanan 4 sampai 5 jam. Selain itu, anda juga dapat melewati jalur Pelabuhan Bulukumba menuju Pelabuhan Selayar dengan transportasi laut kapal Fery selama 2,5 jam perjalanan.

Jika anda berada di Ibukota Selayar yakni kota benteng maka dapat menempuh perjalanan selama 45 menit sampai satu jam. Para Wisatawan melakukan perjalanan darat melewati Kampung Appatanah. Setelah itu dilanjutkan dengan pejalanan laut menggunakan perahu jenis jolloro berkapasitas 10 sampai 15.

Tempat Wisata Pulau Bahuluang Selayar dan Fasilitas Yang Disediakan
Makam Karang (foto; de.wa)
Jam Oprasional Wisata Pulau Bahuluang Selayar

Untuk menikmati keindahan alam yang paling bagus di Pulau Bahuluang adalah pada bulan April sampai Oktober. 

Fasilitas Wisata Pulau Bahuluang Selayar

Ada banyak fasilitas wisata yang dapat dinikmati disini mulai dari Pantai Makam Karang, Gusung Karangan Bau dan berbagai keindahan bawah laut. Anda dapat menikmati berbagai macam keindahan seperti misalnya keindahan Pasir Putih, Gugusan Pulau Karang, Spot Snorkeling, dan berbagai keindahan Taman Laut yang masih terjaga. Disini juga terdapat goa Lipan di pinggir pantai yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Dengan banyaknya tempat wisata yang dikoleksi pulau Bahuluang, membuat Pulau ini mendapat julukan sebagai Surga Wisata Tersembunyi. Pasir Putih yang sangat bersih dan alami membuat Pulau ini semakin eksotis. Boleh dikatakan Pulau ini anti sampah.

Kekurangan dari Wisata Pulau Bahuluang Selayar yakni belum adanya fasilitas penginapan, dan tempat makan (pedagang), sehingga bila sobat ingin berkunjung ke Pulau Surga ini, hendaknya membawa perlengkapan sesuai kebutuhan. Seperti misalnya makanan, pakaian ganti, air minum dan lainnya.

Waktu yang tempat untuk berkunjung ke Pulau Bahuluang yakni pada pagi hari. Hal ini dikarenakan anda harus menghabiskan waktu hampir 1 jam untuk mencapai pulau ini. Pagi menjadi waktu tempat karena tidak adanya penginapan. Jadi anda harus pulang pada sore hari. Sobat juga dapat menikmati keindahan pulau ini dalam jangka waktu yang lama.

Terdapat Pula wisata diving di sekitar pulau bahuluang. Berbagai kegiatan petani dapat dinikmati disini seperti kegiatan pertanian menanam jambu mete, semangka, sirsak dan pohon kelapa. Bagi para pecinta laut bisa juga menikmati kegiatan petani saat menangkap ikan seperti ikan suni, ikan tuna, ikan kakap merah dan ikan teripang yang nantinya akan dipasarkan di daerah makassar dan kota benteng.

Tempat Wisata Pulau Bahuluang Selayar dan Fasilitas Yang Disediakan
Keindahan Laut Pulau Bahuluang (foto; julzebuanous)
Fenomena di Pulau Bahuluang

Fenomena yang dapat kita jumpai disini adalah sewaktu-waktu pulau bahuluang mengalami perubahan bentuk. Seperti misalnya perubahan Makam karang yang membentuk suatu pulau dari kumpulan karang mati akibat pertemuan arus laut yang mendorong karang mati ini berkumpul pada satu titik dan bentuknya dapat berubah-ubah karena dipengaruhi pergerakan arus.

Kepercayaan masyarakat setempat bahwa perubahan yang terjadi di Pulau Bahuluang karena penunggu atau penguasa pulau, yaitu gurita raksasa.

Cerita Parah Pengunjung Soal Pulau Bahuluang

Ada beberapa orang yang bercerita bahwa pulau Bahuluang merupakan pulau kecil yang memiliki pasir putih yang sangat indah. Dari Ibu Kota Selayar yakni Kota Benteng dan memiliki jarak sekitar 40 km. Untuk menuju ketempat ini bisa menghabiskan dana sekitar 500 ribu sampai 700 ribu dengan kendaraan roda empat kemudian dilanjutkan dengan perahu nelayan yang bisa dicarter.

Yang perlu dipersiapkan ketika berkunjung ke tempat ini adalah komsumsi karena belum ada warung makan atau kafe dan sejenisnya di tempat ini. Bagi anda yang suka menikmati keindahan bawah laut dapat membawa hammock dan alat snorkeling.

Tips Berwisata Ke Pulau Bahuluang

Untuk menghemat biaya ketika berkunjung ke Pulau Bahuluang Selayar hendaknya beramai-ramai biar lebih ringan dan jangan lupa juga siapkan alat-alat kesehatan dan komsumsi yang cukup serta pakaian ganti. Bagi anda yang ingin  menikmati sunset bisa membawa alat camping.

Catatan:

Untuk Transportasi dari ke Pulau Bahuluang Bisa menghabiskan dana sekitar 500 sampai 1 juta.




Belum ada Komentar untuk "Tempat Wisata Pulau Bahuluang Selayar dan Fasilitas Yang Disediakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel