Tempat Wisata Toraja, Lengkap Alamat Dan Fotonya

WISATAOKY.COM, Tempat Wisata Toraja -- Hallo sobat wisataoky.com, siapa yang tidak kenal dengan Toraja? sebuah wilaya yang terletak di Indonesia tepatnya berada di sulawesi selatan. Awal sebelum abad ke 20 wilaya ini diduduki mayoritas umat Hindu Alukta. Namun, pada awal tahun 1900 setelah Belanda datang, sebagian penduduknya pindah kepercayaan ke Agama Kristen, hingga sampai sekarang Toraja menjadi wilaya yang diduduki mayoritas Agama Kristen. Walaupun demikian, Toraja masih memiliki kearifan lokal yang terjaga dengan baik. Seperti misalnya, tari tradisional, seni ukir kayu, rumah adat, serta tradisi pemakaman Toraja yang unik dan terkenal hingga ke mancanegara.

Selain kearifan lokal, Toraja juga terkenal dengan wisata alam, kuliner serta religi yang terjaga dengan baik. Hal ini membuat Toraja di juluki sebagai surga dunia. Tercatat setiap tahunnya jumlah pengunjung yang datang ke Tanah Toraja semakin meningkat. Lalu tahukah sobat wisata apa saja yang menjadi primadona di Tanah Toraja. Berikut kami rangkum daftar tempat wisata Toraja lengkap dengan alamat dan fotonya. 

1. Wisata Bukit Lolai
Wisata Lolai Toraja
Foto: Maskecil

Alamat: Benteng Mamulu, Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91854
Harga Tiket: 15.000 per orang tiap lokasi
Jam Operasi: 24 jam

Lolai adalah salah satu destinasi wisata alam di Tanah Toraja yang menawarkan pesona berupa gumpalan awan. Di sini sobat bakal menikmati sensasi layaknya berada di negeri di atas awan. Selain itu, Lolai juga manawarkan pemandangan berupa sunrise di kalah pagi hari yang begitu indah dan menawan. Hal ini menjadikan Lolai sebagai tempat wisata paling banyak pengunjung pertahunnya di Tanah Toraja.

2. Wisata Loko Mata
Wisata Loko Mata
Foto: Devhowei
Alamat: Unnamed Road,, Sesean Matallo, Sesean Suloara, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91833
Harga Tiket: Gratis
Jam Operasi: 24 jam

Loko Mata menawarkan destinasi wisata menarik karena menyungguhi keunikan berupa kuburan batu dengan lubang berjejer, yang didalamnya terdapat banyak mayat. Di sekitar pemakaman ini terdapat pula jejeran rumah adat mini Toraja yang mempercantik kawasan destinasi wisata ini. Walaupun sebagai tempat menyimpan mayat yang bisa di bilang sedikit menyeramkan, namun Loko Mata menjadi destinasi wisata menarik dan banyak di kunjungi di Toraja. Hal ini mungkin karena kuburan seperti ini hanya dapat di jumpai ketika berkunjung ke Tanah Toraja.

3. Gumuk Pasir Sumalu
Gumuk Pasir Sumalu
Foto: Pelosok.id

Alamat: Rantebua Sumalu, Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91853
Harga Tiket: Gratis
Jam Operasi: 07.00 - 18.00 WIB

Satu lagi destinasi wisata Toraja yang kian populer di media sosial adalah Gumuk Pasir Sumalu. Keindahan yang di tawarkan oleh destinasi wisata ini yakni berupa pasir putih membentang cukup luas berbentuk bukit dengan ketinggian yang bervariasi. Untuk sampai ke destinasi wisata ini sobat bisa mengunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Sesampai di tempat parkir, sobat masih melanjutkan trekking sekitar 500 meter.

4. Wisata Kete Kesu
Wisata Kete Kesu
Foto:Weltreize

Alamat: Paepalean, Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia.
Harga Tiket: 10.000 per orang
Jam Operasi: 24 Jam

Wisata Kate Kesu menawarkan destinasi wisata budaya yang cukup populer di kalangan wisatawan. Di sini sobat bakal bisa menemukan peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang usianya sudah ratusan tahun. Selain itu, desa adat ini juga menawarkan pesona berupa jejeran rumah tongkonan yang tertata dengan rapi sebagai  ciri khasnya. Rumah ini di perkirakan sudah berumur 300 tahun. Semua rumah adat yang ada di sini, di percantik dengan ukiran serta tanduk kerbau sebagai lambang seberapa tinggi deraja sang pemilik.

5. Wisata Danau Limbong
Foto: Visit sulsel

Alamat
: Kelurahan Lembang Limbong, Mentirotiku, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91833
Hargat Tiket: 15.000 per orang
Jam Operasi: 07.00-18.00 WIB

Destinasi wisata Toraja Danau Limbong atau lebih dikenal dengan Kolam Alam Limbong, memiliki keindahan yang tidak boleh terlewatkan. Panorama berupa kolam dengan air berwarna hijau serta alam yang masih asri membuat para wisatawan jatuh cinta. Untuk berkunjung ke sini, sobat bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil dengan menelusiri jalan sejauh 4 kilometer dari pusat kota Rantepao.

6. Buntu Burake
Buntu Burake
Foto: Toraya_maballo

Alamat: Bukit Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan
Harga Tiket: 10.000 per orang (belum termasuk fasilitas yang lainnya)
Jam Operasi: 06.00 - 22.00 WIB

Salah satu destinasi wisata yang kian populer setiap tahunya di Tanah Toraja adalah Buntu Burake. Destinasi wisata ini menawarkan pesona berupa patung yesus serta alam Toraja yang cukup menawan. Di bukit inilah tempat paling bagus untuk menikmati bentang alam Tanah Toraja. Apalagi di pagi hari, Wisata Toraja Buntu Burake ini selalu di selimuti oleh kabut awan. Jika ingin berkunjung, sobat harus menyediakan tenaga karena sobat akan melakukkan trekking untuk sampai ke puncak.

7. Bori' Kalimbuang
Bori Kalimbuang
Foto: Pesona Toraja

Alamat: Bori, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91853
Harga Tiket: 10.000 per orang
Jam Operasi: 08.00-18.00 WIB

Wisata Toraja Bori' Kalimbuang menawarkan obyek wisata berupa jejeran tiang batu yang diperkirakan berasal dari jaman megalitikum. Tujuan pendirian tiang batu ini, yakni sebagai tanda kebesaran budaya adat Tanah Toraja sama dulu. Selain itu, di sekitara tempat Wisata Toraja Bori' Kalimbuang ini juga memiliki alam yang masih sangat asri serta udara yang sejuk. Untuk sampai ke sana sobat bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

8. Wisata Londa Toraja
Wisata Londa Toraja
Foto: Popeye
Alamat: desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara Sulawesi Selatan, Indonesia.
Harga Tiket: 10.000 per orang
Jam Operasi: 08.00-17.00 WIB

Goa Londa menawarkan keunikan di mana sobat akan menemukan ratusan atau bahkan ribuat tulang belulang manusia. Di sini sobat bisa menghabiskan waktu dengan cara berkeliling sambil melihat jejeran tulang manusia. Uniknya, ketika masuk dalam goa, sobat tidak akan mencium bau sedikitpun, melainkan udaranya sejuk dan dingin. Di goa inilah sobat akan melihat tulang dari kisah cerita romeo dan juliet versi Toraja.

9. Wisata Allon
Wisata Allon
Foto: Tiketcom
Alamat: Ollon,, Bau, Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan 91872
Harga Tiket: Gratis
Jam Operasi: 24 jam

Berikutnya, ada tempat wisata Toraja yakni bernama Allon. Destinasi wisata ini menawarkan pesona berupa pemandangan alam yang membentang cukup luas dengan bukit yang begitu instagramable. Di sinilah tempat paling pas, untuk menenangkan diri dari hiruk piruk udara kota. Apalagi, Bukit ini memiliki sungai  yang cukup jernih serta bersih. Sehingga cocok banget sebagai tempat berfoto selfie dan berkemah. Hanya saja, jika ingin berkunjung maka sebaiknya gunakanlah kendaraan roda dua atau mobil jeep. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju ke sana belum terlalu memadai.

10. Desa Adat Pallawa
Desa Adat Pallawa
Foto: Goseasia
Alamat: Desa Adat Pallawa, Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Harga Tiket: Gratis
Jam Operasi: 24 jam

Wisata Toraja Desa Adat Pallawa menawarkan pesona berupa jejeran rumah adat tongkonan yang tertata dengan rapi. Rumah Adat Tongkonan ini di perkirakan sudah berumur ratusan tahun, namun masih berdiri dengan kokoh. Hanya saja atap dari rumah tongkonan ini sudah di tumbuhi oleh tanaman liar. Rumah adat yang berumur ratusan tahun yang saling berhadap-hadapan ini di ukir cukup cantik serta di depannya di pajang tanduk kerbau sebagai simbolis masyarakat Toraja.

Belum ada Komentar untuk "Tempat Wisata Toraja, Lengkap Alamat Dan Fotonya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel