4 Daftar Kampung Adat Sumba Yang Wajib Di Kunjungi

WISATAOKY.COM, Kampung Adat Sumba -- Pada pembahasan sebelumnya kami telah mengupdate mengenai destinasi wisata alam yakni 10 Tempat Wisata Terbaru Di sumba Yang Bagus Untuk Liburan Keluarga, dan destinasi wisata bahari yakni 10 Pantai Sumba paling cantik dan bagus untuk liburan keluarga. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai destinasi wisata budaya yang ada di Sumba, yakni Kampung Adat Sumba.

Kampung Adat Sumba adalah salah satu kekayaan budaya yang ada di daerah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Kampung ini memiliki bentuk yang unik, di mana rumah yang ada dalam kampung ini memilik ciri khas berbentuk persegi dengan empat tiang utama serta atap sangat tinggi yang terbuat dari anyaman daun alang-alang.

Rumah adat ini biasanya di fungsikan sebagai tempat kegiatan ritual yang berkaitan dengan persatuan dan kesatuan, seperti misalnya acara pernikahan, kematian, dan lain sebagainya.  Selain itu, rumah adat ini juga biasanya di jadikan sebagai tempat tinggal kepala adat.

Nah, tentu sobat penasaran akan keunikan yang di miliki rumah adat Sumba. Oleh karena itu, berikut kami sajikan 4 daftar kampung Adat Sumba yang wajib di kunjungi.

1. Kampung Adat Ratenggaro
Kampung Adat Ratenggaro
Foto: Bintanjelajah
Kampung Adat Ratenggaro berlokasi di Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kampung ini memiliki ciri khas unik, di mana ketika memasuki wilaya ini sobat akan serasa kembali ke jaman megalithikum. Hal ini di karenakan terdapat sekitar 304 kuburan batu tua jaman mengalithikum dari 4.500 tahun yang lalu, di mana tiga di antaranya memiliki bentuk yang khas dan berbeda.

Selain itu, jika beruntung di kampung ini sobat juga bisa menjupai tradisi Marapu yang sering diadakan. Tradisi ini biasanya di lakukan untuk memuja para nenek moyang atau leluhur masyarakat setempat. Jika sudah bosan berkeliling, di depat kampung ini terdapat pula pantai yang cukup menawan bisa di jadikan sebagai tempat bersantai.

Untuk sampai ke Kampung Ratenggaro jarak tempu yang harus sobat lalui yakni sekitar 40 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Tambolaka. Sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan berupa jasa trevel di Kota Tambalako. Hal ini dikarenakan belum tersedia angkutan umum yang dapat digunakan. 

2. Kampung Praiijing La
Kampung Praiijing La
Foto: Vokamo_com
Alamat kampung ini berada di Tebara, Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Jarak dari pusat kota Waikabukak yakni sekitar 3 kilometer. Akses jalan menuju ke perkampungan ini sangatlah memadai. Jika berniat ke sana, maka sebaiknya saya sarankan untuk menggunakan jasa sewa kendaraan. Hal ini dikarenakan transpormasi umum yang mengarah ke wilaya kampung ini tidak sampai ke kampung Praiijin La.

Daya tarik yang di miliki kampung ini yakni di mana para pengunjung bisa menemukan batu-batu kuno yang berasal dari Jaman Megalitik. Batu-batu ini di simpan dalam rumah penduduk setempat sebagi pajangan. Tidak cukup sampai di situ, kampung ini juga menawarkan pesona alam yang luar biasa. Hamparan sawah dengan pepohonan yang rindang di sekitaran kampung membuat para pengunjung ingin berlama-lama di sini.

3. Kampung Tarung
Kampung Tarung
Foto: Jarialauh
Berbeda dengan Kampung Ratenggaro dan Praiijing La yang berlokasi jauh dari kota, kampung yang satu ini berada tepat di dalam kota  Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Walaupun jaraknya sangat dekat dengan peradaban modern, kampung ini masih memengang tegu akan kepercayaannya yakni "Merapu". Bahkan setiap tahunnya, masyarakat yang tinggal di kampung ini selalu mengadakan ritual Merapu.

Keunikan tersebut dapat sobat saksikan ketika langsung mengunjungi kampung ini. Namun tidak serta merta sobat bisa masuk begitu saja, tetapi sobat harus melapor terlebih dahulu kepada pemimpin adat setempat. Selain dapat melihat kegiatan ritual, kampung ini juga menawarkan keindahan yang luar biasa.  Arsitektur bangunan khas Sumba dengan tatanan kampung yang di kelilingi oleh pohon membuat kampung ini terlihat sangat indah dan cantik.

4. Kampung Praiyawang
Kampung Praiyawang
Foto: Cristian
Kampung Adat Praiyawang merupakan kampung adat Sumba yang paling bersejarah. Konon katanya kampung ini adalah tempat asal mula para bangsawan Sumba. Kampung ini terletak di Rindi, Sumba Timur, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Jika ingin berkunjung ke sini, sobat harus menempu jarak sekitar 69 kolometer menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Akses jalan menuju ke kampung ini sangat mulus karena sudah di aspal. Perluh di ketahui bahwa sarana transpormasi umum belum ada yang mengarah ke kampung ini, maka dari itu setiap pengunjung yang datang dari luar di sarankan untuk menyewa jasa kendaraan.

Adapun yang dapat sobat temukan ketika berada di kampung ini yaitu jejeran rumah khas Sumba yang terdiri dari sebilan rumah induk yang melambangkan sembilan keturunan bangsawan, kuburan batu yang berasa dari ratusan tahun silam, sampai dengan makam para bangsawan sumba. Makam bangsawan sumba ini juga di kenal dengan nama dolmen. Banyak wisatawan yang datang ke kampung ini hanya untuk melihat jejeran makam-makam tersebut sembaring mengambil foto untuk di posting ke metsos.

Nah, mungkin ini saja pembahasan mengenai 4 Kampung Adat Sumba yang wajib di kunjungi ketika berada di sumba, semoga artikel ini bermamfaat!!! 

Belum ada Komentar untuk "4 Daftar Kampung Adat Sumba Yang Wajib Di Kunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel