Oleh-Oleh Khas Mamasa yang Wajib Sobat Coba

WISATAOKY.com -- Berbicara soal oleh-oleh, maka setiap daerah pasti memiliki khas masing-masing. Sama halnya dengan Mamasa, menyediakan beragam oleh-oleh khas daerah. Berikut 10 oleh-oleh Khas Mamasa yang berhasil wisataoky.com himpun.

1. Sokko'

Sokko' merupakan olahan beras ketan yang dikukus kemudian dicampur dengan santan, dan garam. Proses pengolahan makanan ini cukup panjang karena harus dipukul-pukul menggunakan kayu berbentuk dayung. Hal ini dilakukan agar nasi ketan yang telah dikukus dapat tercampur rata dengan santan.
Sokko' Mamasa
Sokko Merupakan jenis Makanan Khas Mamasa dengan Cita Rasa Santan Asli

2. Baje'

Baje' merupakan jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan, dan Gula merah. Proses pembuatannya hampir sama dengan Sokko' yakni dikukus terlebih dahulu. Setelah pengukusan selesai maka, gula merah dilarutkan di atas Wajan berukuran besar dan kemudian dicampurkan dengan nasi yang telah dikukus. Proses pencampuran biasanya memakan waktu selama 30 menit, hal ini dilakukan agar gula merah tercampur rata dengan nasi. Oh yah sobat, yang perlu diketahui bahwa gula merah yang digunakan harus dari pohon aren agar rasanya nikmat dan harum.
Baje' Khas Mamasa
Makanan Khas Mamasa dengan Bahan Dasar Beras Ketan dan Gula Merah Aren

3. Kola'

Makanan ini berbahan dasar singkong yang telah dikupas kemudian dipotong-potong kecil. Setelah itu, di cuci sampai bersih dan di masak menggunakan panci. Setelah matang kemudian dicampur dengan gula merah dan santan. Kelapa yang digunakan untuk bahan santan harus tua hal ini agar serat santannya terasa pada saat dihidangkan.
Kola' Khas Mamasa
Kola' adalah Makanan Khas Mamasa dengan Bahan Dasar Singkong dan Gula Merah Aren

4. Doda'

Doda' merupakan salah satu makanan yang paling diminati di Mamasa. Selain karena dari rasanya yang sangat nikmat, oleh-oleh dari negeri celebes ini juga memiliki aroma khas yang sangat harum. Tak heran jika makannan ini dianggap sebagai makanan para dewa. Proses pembuatan doda' dilakukan dengan cara merebus beras yang telah dicuci di dalam bambu yang masih mudah. Pembuatan ini membutuhkan keahlian khusus, sebab jika tidak bisa jadi doda' yang dihasilkan bakal hangus. Makanan khas Mamasa ini dalam kepercayaan Aluk Todolo digunakan sebagai persembahan kepada Dewa atau dalam kepercayaan masyarakat lokal dikenal dengan nama Puang Matua.
Doda' Khas Mamasa
Doda' Khas Mamasa 

5. Pallo Butung

Pallo Butung proses pengolahannya sama dengan Kola', hanya saja yang membedakan adalah bahannya. Pallo Butung berbahan dasar pisang setengah matang, kemudian dipotong-potong berukuran kecil. Selanjutnya dikukus hingga matang. Langka selanjutnya yakni memberi gula pasir dan santan. Setelah pemberian santan usahakan agar tidak dipanaskan terlalu lama agar serat santannya tetap terasa nikmat.
Pallo Butung Mamasa
Pallo Butung Khas Mamasa merupakan Makanan dengan bahan dasar Pisang dipotong menjadi kecil-kecil kemudian direbus dan diberi Gula Pasir dan santan.

6. Deppa Tori'

Deppa tori', merupakan kue dengan bahan dasar Tepung beras dan Gula merah, telur, panili, pengembang kue beserta rempah rempah lainnya. Deppa tori'  sendiri berarti kue iris, dari kata Deppayang artinya Kue, dan Tori' yang artinya Iris/potong. Oleh-oleh khas dari mamasa ini sering dijumpai pada acara-acara pernikahan. Bila soabt tertarik menikmati kue ini, dapat langsung berkunjung ke Mamasa.
Deppa Tori' Mamasa
Deppa Tori' Mamasa

7. Kopi Mamasa

Oleh-oleh Mamasa yang satu ini mungkin tidak asing lagi di telingah sobat, yakni Kopi Mamasa. Kopi Mamasa merupakan salah satu kopi terbaik yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan aroma serta kenikmatan yang dihasilkan kopi Mamasa berbeda dari yang lainnya. Pada Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke-10 tanggal 17-19 Oktober 2018 di Kampung Jago, Filosopi Kopi, Sleman Yogyakarta, kopi Mamasa berhasil menduduki peringkat pertama. Cita rasa yang nikmat, serta aroma yang khas menjadikan kopi Mamasa sangat diminati pecinta kopi. Bagaimana tertarik untuk menikmati kopi Mamasa? Data datang ajah ke Mamasa.
Kopi Mamasa
Kopi Mamasa merupakan jenis kopi yang memiliki cita rasa yang sangat nikmat

8 Roti Pessu'

Roti Pessu' memiliki berwarna kecoklatan berbentuk bulat umumnya sebesar bola Golf.  Diberi nama Pessu karena memang proses pembuatannya dipessu (dipencet), dimana adonan tepung yang telah dicampur dengan telur, gula pasir, air dan sejumlah bumbu kue lainya dibentuk sebesar kepalan tangan.  Setelah itu dikepal hingga keluar berbentuk bola pimpong pada selah jari telunjuk dan ibu jari. Langkah selanjutnya yakni menggoreng hingga matang. Roti Pessu' diangkat setelah berwarna coklat muda. Roti ini biasanya disajikan pada saat acara keluarga seperti pendirian rumah, pesta keluarga dan lainnya
Roti Pessu' Mamasa
Roti Pessu' Mamasa merupakan salah satu makanan dengan cita rasa yang sangat nikmat

9. Leong

Leong merupakan olahan makanan yang bahan utamanya adalah daging. Pada umumnya di daerah Mamasa, leong dibuat dengan bahan dasar daging babi yang telah diiris-iris menjadi kecil. Daging kemudian dicampur dengan bumbu seperti bawang merah, Bawang Putih, Cabe, garam, merica, dan berbagai bumbu lainnya. Langkah selanjutnya mencampur sayuran yang telah dibersikan kemudian dimasukkan kedalam bambu mudah sebagai wadah memasak. 

Proses Memasak biasanya memakan waktu hingga 30 sampai 1 jam. Waktu ini tergolong lama karena memasak leong harus menggunakan arang, hal ini dimaksudkan agar daging yang dihasilkan berkwalitas dan memiliki cita rasa nikmat. Makanan Khas Mamasa ini, biasanya didapat ketika acara pernikahan atau pesta keluarga.
Leong Mamasa
Leong dan Doda' Proses pembuatannya sama yakni menggunakan Bambu sebagai Wadah Masak, hanya saja yang membedakan isinya. Kalau Leong Bahan Utama Daging sedangkan Doda' beras.

Leong Mamasa merupakan salah satu makanan terbaik dengan cita rasa yang sangat nikmat. Sehingga tak heran jika harga per satu potong Leong bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Yah lumayan mahal yah sobat, tapi jangan kwatir harga yang mahal bakal terbayar ko dengan nikmatnya makanan leong. Gimana sobat tertarik untuk mencoba? datanng ajah ke Mamasa.

10. Onde-Onde

Onde-Onde merupakan jenis makanan olahan singkong yang telah diparut. Setelah itu diperas dan dibuat berbentuk bulat sebesar bola pimpong. Pada bagian tengahnya diisi dengan Gula Merah yang telah diiris tipis. Langkah selanjutnya yakni mengukus Onde-onde kedalam panci yang berisi air mendidih. Setelah matang onde-onde kemudian dikeluarkan dari panci dan ditaburi dengan kelapa mudah yang telah di parut. Onde-onde pada umumnya disajikan ketika ada acara rumahan atau kumpul bersama keluarga.
Onde Onde Mamasa
Onde-Onde Mamasa pada Umumnya berwarna Putih dan Hijau

Nah demikian sobat, Makanan dan Oleh-oleh Khas Mamasa yang wajib sobat coba jika berkunjung ke Mamasa. Semoga bermnfaat.


Belum ada Komentar untuk "Oleh-Oleh Khas Mamasa yang Wajib Sobat Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel