Pusentasi Tempat Wisata Pusat Laut Donggala, Palu, Sulawesi Tengah

WISATA KOTA PALU -- Berbicara tentang wisata kota Palu atau Sulawesi Tengah memang tidak akan ada habisnya. Karena kota ini memiliki seribu keindahan alam. Salah satunya yakni wisata Pusat Laut Donggala.
Pusentasi Pusat Laut Donggala
Pusentasi Pusat Laut Donggala

Wisata dengan bentuk Sumur ini terletak di Dusun Simbe, Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Palu Sulawesi Tengah. Dengan posisi sekitar 500 meter dari permukaan laut.

Dalam masyarakat setempat objek Wisata ini, lebih dikenal dengan nama Pusentasi yang artinya Pusat Sarana Laut (bahasa Kaili). Sumur dengan warna air biru laut ini, memiliki kedalaman tujuh meter dengan luas diameter mencapai sepuluh meter.

Fasilitas dan Pantai Sekitar Pusat Laut Donggala
Pemberian nama sebagai Pusentasi atau Pusat Laut, dikarenakan ada kepercayaan dalam masyarakat asli Sulawesi Tengah (Kaili) bahwa lubang Sumur ini memiliki goa dalam air yang tembus sampai ke permukaan laut.

Selain itu, yang menjadi daya tarik tersendiri tempat wisata Pusat Laut Donggala adalah airnya yang mampu menyembuhkan penyakit kulit. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung membawa air Pusentasi sebagai obat. Beberapa dari mereka hanya datang mengambil air.

Peta Letak Pusentasi Via Google maps
Jika anda hendak kesini maka anda dapat menempuh jarak sekitar 50 kilometer dengan waktu perjalanan 1 jam 32 menit dari kota Palu menggunakan roda empat alias mobil pribadi. Bila mana posisi anda di Banawa maka anda dapat menempuh jarak sekira 12 kilometer.

Untuk mempermudah pencarian wisata Pusat Laut, anda dapat mencari Pantai Tanjung Karang. Kerena dari Pantai ini hanya berjarak 500 meter. Dan pantai inipun di percaya memiliki tembusan dengan Wisata Pusat Laut Donggala.

Dugaan kuat bahwa memang Wisata Pusat Laut Donggala ini memiliki hubungan dengan pantai yakni karena airnya yang memang asin seperti air laut. Selain itu, airnya juga tidak pernah berubah. Warnanya selalu mengikuti warna laut yakni warna biru.
Pusentasi Pusat Laut Donggala
Pantai Pasir Putih dekat Pusat Laut Donggala
Mengenai harga tiket masuk ke Wisata Pusat Laut Donggala cukup membayar 5000 rupiah bagi anak-anak, 10 ribu bagi orang dewasa dan 15 ribu untuk para wisatawan. Harga tiket ini hanya berlaku ketika hari raya alias tanggal merah. Untuk hari-hari biasa tempat ini digratiskan.

Mengenai fasilitas yang ada di Pusentasi. Anda tidak perlu kwatir karena di tempat ini tersediah vila penginapan dengan harga terjangkau. Selain itu juga ada berbagai jenis makanan yang di jual.
Pusat Laut Donggala
Jika dilihat dari bentuknya maka, Pantai Pusat Laut atau Pusentasi berbentuk melingkar seperti sumur yang terdiri dari bebatuan. Pada sisi lain terdapat tangga yang digunakan oleh para wisatawan untuk naik turun mandi di tempat ini. Tak hanya itu, tempat wisata eksotis ini juga dikelilingi tembok-tembok tinggi sebagai pagarnya.

Wisata lain yang dapat anda nikmati di tempat ini yakni keindahan Pantai Tanjung Karang dengan pasir putih disertai pepohonan di setiap pinggir pantai.

Tags: Pantai Tanjung Karang, Pusentasi Donggala, Pusat Laut Donggala, Sumur Terbesar Donggala.







Belum ada Komentar untuk "Pusentasi Tempat Wisata Pusat Laut Donggala, Palu, Sulawesi Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel